Kabalai Bahasa Indonesia Ajak Pelajar Tes UKBI

oleh -
(Kanan) Kabalai Bahasa Indonesia Asrif saat menutup kegiatan pelaksanaan UKBI di Kantor Balai Bahasa Indonesia Sulteng di Jalan Untad 1 Kota Palu, Kamis (11/8). Foto : Ikram

PALU- Kepala Balai Bahasa Indonesia Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) mengimbau dan mengajak pelajar SMP/SMA di Sulteng mengikuti test Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) secara gratis.

“Saat ini ada tes UKBI bagi pelajar, berapapun jumlahnya dari Sulteng  SMP atau SMA ayo ajak mereka tes UKBI, selain siswanya  dapat sertifikat UKBI, juga gratis alias tidak bayar,” kata Kepala Balai Bahasa Indonesia Sulteng Asrif saat penutupan pelaksanaan UKBI diselenggarakan oleh Pusat Pembinaan Bahasa  dan Sastra Badan Pengembangan dan Pembinaan bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi, di Kantor Balai Bahasa Indonesia Sulteng, Jalan Untad 1 , Kota Palu, Kamis (11/8).

Ia mengatakan, bagi sekolah itu penting, untuk memetakan kompetensi siswanya. Olehnya dia mengajak bersama-sama mensosialisasikan UKBI, jangan sampai kalah populer dari alat uji yang lain.

“UKBI bisa menjadi syarat pertimbangan utama bagi lembaga/instansi menerima pegawai ,” ujarnya.

Sementara Tim Pusat Pembinaan Bahasa  dan Sastra Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Elvin mengatakan, respon yang diberikan oleh peserta sangat berharga bagi pengembangan tes standar.

“Tes standar ini salahsatu langkah wajib dilalui berupa validasi empiris,” katanya.

Sehingga respon atau jawaban diberikan peserta dari soal-soal disusun, kata dia, akan membantu validasi butir-butir atau materi-materi sudah ditetapkan.

“Berdasarkan teori lebih dari 500 responden untuk satu materi lebih dari cukup,” menyudahi.

Pelaksanaan UKBI berlangsung selama dua hari sejak Rabu (10/8) sampai Kamis (11/8) diikuti peserta dari berbagai lembaga dan profesi seperti dari Universitas Tadulako, Universitas  Alkhairaat, dan lainnya.

Para peserta mengerjakan sejumlah soal dalam tiga ses , sesi mendengarkan, kaidah dan sesi membaca.

Reporter: IKRAM
Editor: NANANG