PALU – Manajemen PT Bank Sulteng mengimbau kepada seluruh nasabah maupun masyarakat umum agar tidak terpengaruh dengan modus penipuan yang dilakukan orang tidak bertanggung jawab
Beberapa waktu lalu, beredar postingan terkait undian berhadiah di media sosal Facebook (FB) dan Instagram (IG) yang mengatasnamakan akun Bank Sulteng.
Direktur Utama PT Bank Sulteng, Ramiyatie, menegaskan, bank manapun tidak pernah meminta data rahasia nasabah maupun masyarakart melalui SMS, WhatsApp, atau telepon.
“Jangan klik tautan mencurigakan atau unduh file dari sumber yang tidak dikenal. Laporkan segera ke bank jika Anda mencurigai adanya penipuan,” kata Ramiyatie.
Ia juga menjelaskan ciri-ciri penipuan yang mengatasnamakan bank, antara lain menawarkan hadiah atau promo yang tidak masuk akal, memaksa untuk segera bertindak, mengintimidasi dengan ancaman, serta menggunakan nama bank atau logo palsu.
“Tips untuk menghindari hal-hal semacam ini adalah tetap menjaga kerahasiaan data pribadi anda, seperti PIN, OTP, dan nomor kartu ATM. Kemudian aktifkan notifikasi transaksi di rekening Anda, dan gunakan antivirus dan firewall yang terpercaya,” jelasnya.
Ia juga meminta kepada nasabah ataupun masyarakat agar memastikan kebenaran informasi tersebut dengan menguhungi call center Bank Sulteng di 14069 atau mengunjungi langsung Kantor Bank Sulteng terdekat. (RIFAY)