Wagub Sulteng Ingatkan Dishub Sesuaikan Program dengan Visi-Misi Gubernur

oleh -105 Kali Dilihat
Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Mamun Amir mendatangi Dinas Perhubungan Sulteng, Selasa (31/98). FOTO: IST

PALU – Wakil Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Ma’mun Amir mengingatkan Dinas Perhubungan bahwa program prioritas dinas ke depan merupakan upaya untuk mencapai pengurangan angka kemiskinan dan pengangguran di Provinsi Sulteng. Program prioritas itu harus mencerminkan anggaran yang efesien dan efektif yang pro rakyat dan dilakukan dengan kejujuran.

Hal itu disampaikannya saat menyambangi Kantor Dinas Perhubungan Sulawesi Tengah, Selasa (31/8) tadi pagi.

Mam’un Amir mengatakan, pogram prioritas yang diajukan oleh setiap OPD harus melihat implementasi visi dan misi gubernur untuk pemerataan pembangunan dan memberikan keadilan kepada seluruh kabupaten dan Kota. Oleh karena itu, Pemprov mengalokasi anggaran program dan kegiatan 100 Miliar per kabupaten dan kota setiap tahun.

Secara khusus, Wagub Sulteng meminta Dinas Perhubungan dapat menata pelabuhan Lalong, yang kaitannya juga untuk implementasi visi dan misi gubernur dan wakil gubernur, tentang Pembangunan Jalan Lingkar Kota Luwuk. Untuk itu, dilakukan segera penegasan kewenangan pengelolaan pelabuhan Lalong.

“Saya minta Dishub lebih meningkatkan pengawasan pada jalur lalu lintas jalan darat dan laut guna peningkatan PAD. Daerah mau membangun harus dengan kemampuan keuangan, sehingga perlu dilakukan pengawasan jalur lalu lintas darat dan laut. Sehingga ada sumber sumber PAD yang dihasilkan melalui kegiatan tersebut,” ujar Ma’mun Amir saat kunjungan ke Dishub Provinsi.

Pada kesempatan itu Kepala Dinas Perhubungan Sisliady mengatakan, bahwa Tipe Dinas Perhubungan saat ini turun dari Tipe A ke Tipe B. Hal ini disebabkan dengan beralihnya sebagian  kewenangan ke Dinas Kominfo.

Kadis Perhubungan menyampaikan, status ini bisa naik kembali bilamana dilakukan tata wilayah dan Andalalin. Kemudian, penyusunan Dokumen Tataran Transportasi Wilayah (Tatrawil) dilakukan, sehingga berdasarkan Dokumen Tatrawil akan disusun Tataran Transportasi Lokal (Tatralok) .

“Program Dinas Perhubungan Tahun 2022 diprioritaskan pada pencapaian visi dan misi gubernur tentang “Gerak Cepat Menuju Sulawesi Tengah lebih sejahtera dan lebih maju” saat ini peran terbesar Dinas perhubungan adalah pada bidang perhubungan darat dan perhubungan laut,” ujar Sisliady .

Reporter: IRMA
Editor: Nanang