Usai Banjir, Warga Ampana Kesulitan Air Bersih

oleh
Ilustrasi

AMPANA- Warga yang tinggal di Kelurahan Dondo, Kelurahan Muara Toba dan Kelurahan Ampana saat ini kesulitan air bersih.  Hal tersebut dikarenekan bencana banjir yang melanda beberapa kawasan di wilayah Ampana, Kabupaten Tojo Una-Una.

Baik sumur suntik, maupun air bersih dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Ampana, semuanya lumpuh total, sehingga banyak  warga memilih mandi, cuci, kakus di rumah warga yang memiliki sumur.

“Paska banjir kemarin memang warga sudah kesulitan mendapatkan air bersih, bahkan hingga saat ini airpun susah untuk mengalir,” ujar Sali, Warga yang tinggal di Jalan, Muslaini,  saat dikonfirmasi pada Selasa (6/6).

Menurutnya banyak warga yang menggunakan air galon untuk kebutuhan memasak, karena, air di pam ataupun sumur suntik sama sekali tidak mengalir, sehingga mau tidak mau harus menggunakan air galon.

“Kalau anak-anak ke sekolah kita gunakan air galon daripada tidak mandi,” kata dia.

Sementara warga lainya seperti Yati mengaku bahwa ada air mengalir hanya sedikit. Itupun pada saat tengah malam.

“Tengah malam itu airnya mengalir. Sebelum mengalir semua tempta penampung air saya sediakan dan taru di bawah kran. Jadi biar ketiduran airnya sudah terisi,” ujarnya.

Meski begitu kata dia Yati memastikan persoalan air tersebut sudah ditangani oleh petugas-petugas terkait.  (SAFA’AD)

 

Donasi Bencana Sulbar