Rusdy Lapor Progres Kawasan Penyangga Pangan Nasional ke Luhut

oleh -
Gubernur Sulawesi Rusdy Mastura , didampingi Tim Ahli Gubernur Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan HAM Ridha Saleh, menemui Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan di Kantor Menko Marves, Jumat (9/9). FOTO: IST

PALU Gubernur Sulteng Rusdy Mastura melaporkan progres realiasi pengembangan Kawasan Penyangga Pangan Nasional kepada Menko Bidang Maritim dan Investasi RI, Luhut Binsar Panjaitan, di Ruang Kerja Menko Marves Pukul, Jum’at siang tadi.

Pada pertemuan itu, Rusdy Mastura menyatakan, progres realiasi pengembang kawasan penyangga pangan nasional, di antaranya, pembanguna jalan untuk area pengembangan Food Estate Terintegrasi di Balesang sudah dikerjakan dan sudah sangat layak dilalui kendraan roda empat, dengan lebar jalan 12 M.

Selanjutnya, ungkap Rusdy, PUPR telah memberikan dukungan untuk pembanguna  dua titik air, dengan kapasitas dua kubik per detik dan pembangunan dua buah embung.

Selain itu, pembangunan land clearing lahan food estate terintegrasi sudah selesai 20 Ha dan proses perizinan KKPR, UKL/UPL dan izin lingkungan sementara dilengkapi sesuai perundang-undangan yang berlaku.

Kemudian, di luar area kawasan food estate, saat ini telah dikembangkan peternakan sapi yang terintegrasi dengan kawasan tersebut.

“Rencana redistribusi tanah kawasan food estate untuk masyarakat petani sesuai data kelompok tani yang akan divalidasi dinas Koperasi dan UMKM dan BPN/ATR,” sebutnya.

Dalam kesempatan itu, Gubernur meminta kepada Menko untuk terus mendorong percepatan infrastruktur jalan untuk enam ruas jalan. Hal ini untuk meningkatkan koneksitas distribusi barang hasil produksi masyarakat menuju IKN.

Sementara itu, Luhut Bincar Panjaitan menilai Rusdy bekerja cepat. Dia berjanji, akan terus memberikan perhatian dan dorongan penuh sesuai dengan kebutuhan gubernur.

Selanjutnya Untuk rencana kunjungan  Presiden RI untuk penanaman perdana ditargetkan setelah persiapanya sudah dianggap baik, dan Menko Merves akan segera membuat jadwal kunjungan ke kawasan food estate yang dibangun tersebut.

Reporter: Irma
Editor: Nanang