Ini DPS Parimo Yang Disahkan KPU di Pilkada 2020

oleh
Divisi Hukum KPU Parimo, Misbahudin menyerahkan DPS yang disahkan dalam Pelno kepada Kordiv Pencegahan Hubungan antar Lembaga Bawaslu setempat, Fatmawati. (FOTO : MAWAN)

PARIMO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah (Sulteng), mengesahkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) hasil rekapitulasi di 23 Kecamatan, 283 Desa dan Kelurahan.

Hasil rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutahiran (DPHP) secara rinci, laki-laki 150.794 pemilih dan perempuan 144.053 pemilih, sehingga total keseluruhan dan ditetapkan menjadi DPS sebanyak 294.847 pemilih untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur tahun 2020.

Ketua KPU Parimo, Abdul Chair mengatakan, penetapan DPS tingkat Kabupaten Parimo dalam pemilihan setengah lanjutan 2020.

“Rapat pleno terbuka rekapitulasi daftar pemilih hasil pemutahiran yang dilaksanakan Rabu 09 September 2020 malam,” ungkapnya saat memimpin rapat pleno, Kamis (10/09).

Ia menjelaskan, berdasarkan ketentuan PKPU nomor 19 tahun 2019 tentang perubahan atas PKPU nomor 2 tahun 2017 tentang pemutahiran data dan penyusunan daftar pemilih  dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota.
Aturan lainnya pula diatur dalam, PKPU nomor 6 tahun 2020 tentang pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak lanjutan dalam kondisi bencana alam non alam Covid-19.

“Dalam Pilkada ini acuannya sangat jelas, UU 10 tahun 2016 dan PKPU,” jelasnya.

Sebelum penetapan DPS itu Bawaslu Parimo mengeluarkan rekomendasi kepada lima kecamatan, untuk dilakukan peninjauan beberapa warga yang tidak tercoklit oleh PPDP. Diantaranya Kecamatan Moutong, Mepanga, Parigi Tengah, Parigi Barat dan Sausu.

“Rekomendasi dari Bawaslu terkait warga yang belum tercoklit sudah dimasukkan dalam daftar pemilih sementara,” tutupnya. (MAWAN)

Donasi Bencana Sulbar