JAKARTA – PT Toyota-Astra Motor (TAM) membuka GAIKINDO Jakarta Auto Week (GJAW) 2025 dengan meluncurkan World Premiere New Veloz Hybrid EV yang kini diproduksi lokal di Indonesia. Pada kesempatan yang sama, Toyota juga mulai memasarkan New bZ4X Battery EV produksi lokal serta New Urban Cruiser Battery EV. Kehadiran tiga model terbaru ini memperkuat strategi elektrifikasi Toyota di Indonesia.

President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Hiroyuki Ueda, mengatakan Toyota terus memperluas opsi teknologi elektrifikasi yang relevan dengan kebutuhan masyarakat. “Tidak ada satu produk yang cocok untuk semua orang. Karena itu, dengan semangat Toyota Ada Untuk Indonesia, kami menghadirkan lebih banyak pilihan elektrifikasi yang dapat diakses dengan lebih mudah, sekaligus memperkuat produksi dalam negeri,” ujarnya.

Veloz Hybrid EV Jadi Sorotan

Sebagai MPV keluarga, Veloz Hybrid EV menawarkan sistem self-charging hybrid, efisiensi bahan bakar, dan kinerja optimal tanpa perlu pengisian daya eksternal. Toyota membuka pemesanan indent selama pameran dengan harga khusus hingga Desember 2025.

Vice President Director TAM, Henry Tanoto, mengatakan peluncuran model hybrid di segmen MPV terbesar di Indonesia diharapkan dapat memperluas adopsi kendaraan ramah lingkungan. “Veloz Hybrid EV menawarkan pengalaman berkendara efisien, nyaman, serta minim emisi tanpa mengubah kebiasaan pengguna,” katanya.

bZ4X dan Urban Cruiser EV Mulai Dijual

Toyota juga resmi menjual bZ4X Battery EV produksi lokal, yang kini hadir dengan peningkatan baterai, performa, jarak tempuh, serta desain yang lebih modern dengan integrasi New T-Intouch. Sementara New Urban Cruiser Battery EV hadir sebagai opsi kendaraan listrik kompak bagi pengguna perkotaan.

Ueda menambahkan, Toyota telah berinvestasi lebih dari Rp100 triliun untuk pengembangan ekosistem otomotif berkelanjutan di Indonesia, termasuk riset, inovasi, dan perluasan rantai pasok. Toyota dan mitra industrinya kini telah menciptakan lebih dari 360.000 lapangan kerja.

Toyota Indonesia sebelumnya juga mencetak pencapaian ekspor tiga juta unit kendaraan ke lebih dari 100 negara.

“Kepercayaan masyarakat Indonesia menjadi fondasi utama bagi pertumbuhan Toyota. Semangat Toyota Ada untuk Indonesia akan terus menjadi pedoman kami,” ujar Ueda.***