PALU – Dalam rangka memperluas jangkauan pelayanan kepada masyarakat, kini Pegadaian dengan beragam produk layanannya membuka kesempatan kepada masyarakat untuk menjadi “Agen Pegadaian”.
Deputy Bisnis Pegadaian Area Palu, Agus Tokhid kepada MAL, pekan lalu menuturkan, fungsi dari Agen Pegadaian ini adalah sebagai distribution channels untuk melayani produk-produk Pegadaian.
“Adapun persyaratan untuk menjadi agen ini cukup mudah, yaitu memiliki kartu identitas, memiliki usaha (warung, kios, toko, dan sejenisnya) atau memiliki komunitas serta memiliki dan mampu mengoperasikan smartphone android,” jelasnya.
Kata Agus, keuntungan menjadi Agen Pegadaian ini cukup menarik, karena disamping tanpa dipungut biaya pendaftaran, agen akan menerima bagi hasil/sharing fee dari semua produk Pegadaian yang ditransaksikan oleh nasabah melalui agen pegadaian, baik transaksi pencairan kredit maupun transaksi pembayaran angsuran kredit.
“Selain hal tersebut, banyaknya jenis produk Pegadaian yang dapat dilayani oleh Agen Pegadaian semakin menambah besar peluang agen untuk mendapatkan bagi hasil dari Pegadaian yang pembayarannya langsung ditransfer melalui rekening masing-masing agen,” bebernya.
Menurut Agus, untuk menambah motivasi dan kompetensi agen, secara berkala Pegadaian akan melakukan gathering agen seperti yang dilakukan belum lama ini dalam bentuk kegiatan “Gathering dan Buka Bersama Agen Pegadaian” di salah satu hotel.
“Kedepan Pegadaian juga akan mengadakan Kontes Agen terbaik untuk diberikan reward atas kinerja terbaik, sehingga melalui sistem keagenan ini diharapkan pelayanan Pegadaian dapat semakin mudah, semakin luas dan semakin dekat dengan mssyarakat. Bagi Agen Pegadaian juga dapat memperoleh tambahan penghasilan tanpa mengganggu usahanya dan tanpa harus meniggalkan rumah atau tokonya. Bahkan dengan menjadi agen ini dapat menambah relasi dan pelanggan untuk mengembangkan bisnisnya,” pungkasnya. (HAMID)