Pengangkutan Sampah Dialihkan ke Malam Hari

oleh -

PALU – Jam kerja petugas lapangan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Palu, berubah. Sebelumnya, waktu pengangkutan sampah dilakukan mulai pagi pada pukul 06.00 hingga pukul 14.00 siang hari

Perubahan dilakukan agar seluruh petugas pengangkut sampah, khususnya yang beragama Islam lebih khusyu’ melaksanakan ibadah puasa.

Kepala DLH Kota Palu, Moh Arif Lamakarate, kepada Media Alkhairaat, Jumat (24/03), perubahan jam kerja tersebut berdasarkan arahan Wali Kota Palu, agar tidak ada petugas yang beralasan tidak mau mengangkut sampah karena sedang berpuasa.

“Jadi kepada semua masyarakat diharapkan untuk mengeluarkan sampahnya untuk diangkut oleh petugas pada malam hari. Ini berlaku bagi semua armada sampah,” ungkapnya.

Kata Arif, petugas DLH akan mulai melaksanakan kerjanya setelah selesai Shalat Tarwih

“Waktu pengangkutan sampah ini pada malam hari dimaksudkan agar seluruh petugas dapat lebih fokus beribadah pada siang hari,” jelasnya.

Selain itu, kata Arif, pemberlakuan jam kerja pada malam hari ini tidak ditentukan sampai kapan.

“Nanti akan melihat sikon seperti apa,” katanya.

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3, DLH Kota Palu, Hisyam Baba, mengimbau kepada masyarakat Kota Palu agar meletakkan sampahnya di luar pagar rumah mulai pukul 18.00 hingga pukul 21.00 Wita untuk diangkut petugas.

“Kami akan terus melakukan evaluasi sistem pengangkutan sampah ini. Tidak menutup kemungkinan, kalau pengangkutan malam lebih efektif, tentu kebijakan ini akan terus dilanjutkan,” ungkapnya.

Saat ini, katanya, ada 168 unit armada sampah yang beroperasi di Kota Palu. Armada tersebut terdiri dari truk sebanyak 39 unit, mobil pickup sebanyak 48 unit, dan kaisar sebanyak 81 unit.

Reporter : Hamid
Editor : Rifay