Bapenda Kota Palu Sudah Miliki Empat UPT Pendapatan

oleh -
Foto bersama usai peresmian kantor UPT Pendapatan Wilayah III Kecamatan Palu Selatan, Kamis (22/09). (FOTO: media.alkhairaat.id/Hamid)

PALU – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Palu membuka Kantor Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pendapatan Wilayah III di Kecamatan Palu Selatan, Kamis (22/09).

Kepala Bapenda Kota Palu, Irmawati Alkaf di sela kegiatan peresmian kantor UPT, menuturkan, saat ini pihaknya memiliki empat UPT, yakni di Palu Selatan, Palu Barat, Palu Timur dan Palu Utara.

“Kalau UPT Palu Selatan ini menangani dua kecamatan, yakni Palu Selatans sendri dan Tatanga sehingga masyarakat yang berada di dua wilayah ini dapat membayarkan PBB-nya (Pajak Bumi dan Bangunan) di sini,” ucap Irma.

Dia menjelaskan, Kantor UPT berfungsi sebagai perpanjangan tangan Badan Pendapatan dalam pelayanan kepada masyarakat.

“Sekarang ini kita lagi mengaktifkan pembayaran non tunai atau digitalisasi menggunakan QRIS,” ujarnya.

Dalam hal penggunaan QRIS, pihaknya juga akan menggelar undian dengan mengumpulkan struk pembayaran dari warga.

Untuk itu, ia mengajak masyarakat yang menggunakan QRIS agar dapat mengumpulkan struk pembayarannya agar bisa diundi.

“Program ini masih kita bicarakan dengan BI dan BRI untuk pelaksanaan undian. Ini semua merupakan upaya mengimplementasi kinerja Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah,” ungkapnya.

Di kesempatan yang sama, Kepala UPT Pendapatan Wilayah III, M. Wira Areski Lamakarate, mengatakan, target pendapatan di wilayahnya sudah mencapai lebih dari 50 persen.

“Alhamdulillah dengan penggunaan gedung baru ini semoga kita lebih meningkatkan etos kerja dalam hal pelayanan bagi warga yang ingin membayar pajak,” katanya.

Untuk pelayanan di Kantor UPT Wilayah III, pihaknya diperkuat sebanyak tujuh personel, masing-masing tiga dari unsur PNS dan empat lainnya tenaga honorer.

Kegiatan peresmian kantor UPT dihadiri Camat Tatanga dan para lurah se-Kecamatan Palu Selatan dan Tatanga serta sejumlah unsur terkait lainnya.

Reporter : Hamid
Editor : Rifay