PALU – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Avo Kota Palu menggelar pertemuan dengan warga Kelurahan Kawatuna, di aula kantor kelurahan setempat, Rabu (25/06).
Pertemuan dilakukan usai penertiban sambungan liar di Kelurahan Kawatuna.
Pertemuan tersebut dihadiri Plt Asisten 2 Setda Kota Palu, Direktur PDAM Avo, Kabid dari Dinas PU, pihak Kecamatan Mantikulore, Polsek Palu Timur Mantikulore, Plt Lurah Kawatuna, Babinkantibmas, Babinsa, dan sejumlah tokoh masyarakat di Kelurahan Kawatuna.
Direktur PDAM Avo Kota Palu, Roy Elisa Sumakul, mengatakan, pihaknya akan terus berupaya membuat PDAM Avo bisa maju dan bisa bersinergi dengan pelanggannya.
“Kami melakukan perubahan ini tentu bertujuan agar PDAM ini semakin maju. Karena salah satu kendala yang kita temui di perusahaan ini adalah kurang tertibnya manajemen,” ujarnya.
Manejemen ini, kata Roy, baik di Internal maupun eksternal, termasuk pelanggan yang mesti dilakukan perubahan tersebut.
“Dalam setahun terakhir ini di PDAM Palu melakukan perubahan dan perbaikan,” ucapnya.
Perubahan itu juga yang dilakukan di Kawatuna. Saat ini, lanjut dia, PDAM melakukan perbaiki IPA terlebih dahulu dari sisi internal sebelum menuju ke eksternal.
“Sehingga ketika masuk ke eksternal maka kita akan melihat data pelanggan, termasuk jumlah air yang kita produksi. Ternyata setelah dievaluasi tidak seimbang,” ungkapnya.
Kata Roy, ketidakseimbangan terhadap NRW atau tingkat kehilangan air yang nilainya cukup tinggi, tidak sebanding dengan produksi PDAM Avo
“Hampir 70 persen air kita hilang dan tidak ada kejelasan produksinya ini ke mana,” ucapnya.
Menurut Roy, setelah melakukan pemeriksaan, ternya banyak sambungan liar yang ditemukan di seluruh jalur distribusi sepanjang SPAM Kawatuna.
“Olehnya kami berharap agar jaringan ini bisa tertib. Dari beberapa kali pertemuan sebelumnya apa yang menjadi keputusan kita juga velum terlaksana dengan baik,” katanya.
Dengan penertiban tersebut, kata dia, diharapkan akan mendorong kerja sama dan sinergitas antara PDAM Avo dengan pelanggannya.
“Demi kemajuan bersama, mari kita tertib, agar PDAM bisa maju. Warga juga terlayani dengan baik dan terdata sebagai pelanggan yang memiliki hak mendapatkan pelayanan yang prima dari PDAM Avo Palu,” katanya.
Roy menyatakan, pihaknya siap dan membuka diri menerima segala bentuk saran dan masukan dari warga untuk pembenahan administrasi dan pelayanan PDAM Avo Kota Palu agar menjadi le lebih maju di masa mendatang.
“Jika ada warga yang membutuhkan air atau berlangganan dengan kami diharapkan agar datang langsung ke kantor PDAM dan bukan kepada oknum. Setelah mengisi permintaan penyambungan, kami akan survey jaringannya kemudian melakukan penyambungan,” jelasnya.
Sementara itu, Plt Asisten 2 Setda Kota Palu, Rahmad Mustafa, mengatakan, penertiban yang dilakukan tersebut tentu akan menimbulkan dampak.
“Kami berharap agar masalah ini dapat diselesaikan dengan cara yang lebih persuasif atau menempuh jalur kekeluargaan,” katanya.
Reporter : Hamid/Editor : Rifay