Waspada, Bulan Ramadhan Harga Beras Bakal Meroket

oleh -

PALU – Lagi-lagi harga beras di tingkat pasar mengalami kenaikan, pekan ini harga beras tembus dengan harga 16 ribu perkilogram, sementara harga beras jatah sudah mencapai 14 ribu/ kilogramnya.

Firman salah seorang penjual beras di pasar Masomba mengatakan, harga beras untuk jenis cinta nur, pandan wangi mencapai 16 ribu/ kg.Beras jenis Kepala, Super Win, Bramo, Santana mencapai 15 ribu/ kg, SPHP ( beras Bulog) 55 ribu/ 5 kg dan beras jatah beras yang termurah sudah mencapai 14 ribu/ kg.

Menurutnya, kenaikan harga beras ini sudah 20 hari yang lalu. Dipastikan jelang bulan Ramadhan harga beras bakal melonjak naik, karena pada bulan Maret itu petani belum juga mengalami masa panen.
” Di bulan puasa harga beras saya prediksi bakal naik lagi karena bulan Maret itu belum tiba masa panen. Kenaikan harga beras ini dipicu akibat kemarau panjang beberapa bulan lalu. Petani lambat tanam padi sehingga masa panen juga mengalami keterlambatan.

“Biasanya panen di bulan Maret, tetapi bergeser panen rayanya di bulan April usai lebaran,” ujar Firman Kepada media ini,Kamis 22/2.

Ia mengatakan, harga beras akan mengalami penurunan jika usai panen raya,di bulan April mendatang.

Reporter Irma