TP-PKK Sulteng Lakukan Kampanye Minat Baca bagi PAUD dan TK

oleh -
foto bersama Wakil Gubernur Sulteng Ma'mun Amir, Wakil Ketua DPP PKK Sulteng Hj. Halimah Amir, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusarda) Provinsi Sulteng I Nyoman Sriadijaya, Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palu, Karo Pemerintahan sekaligus Kepala Biro Bencana Sulteng Arfan , serta Tim Penggerak PKK Kota Palu Diah Puspita disela- sela acara Kampanye Minat Baca Bagi PAUD dan TK Untuk Tingkatkan Literasi taman gor Palu, Senin (3/10). FOTO: IST

PALU – Dalam rangka meningkatkan literasi di Indonesia khususnya di Sulawesi Tengah, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Sulawesi Tengah mengadakan kampanye minat baca dimulai sejak dini bagi PAUD dan taman kanak-kanak Provinsi Sulawesi Tengah. Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Gubernur Ma’mun Amir, digelar di Taman GOR Palu, Senin (3/10).

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusarda) Provinsi Sulteng I Nyoman Sriadijaya mengatakan, tujuan dari kegiatan ini yakni, untuk meningkatkan minat baca dimulai sejak dini dari PAUD dan Taman Kanak-Kanak.

Selain itu kata Nyoman, meningkatkan komitmen dan partisipasi pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat dalam memfasilitasi sudut baca dan ruang partisipasi baca anak. Lalu meningkatkan partisipasi kader PKK dalam menyediakan pojok baca, sudut baca di ruang terbuka hijau terkhusus di sekretariat Tim Penggerak PKK di tingkat kabupaten dan kota serta di tingkat kelurahan dan desa.

Menurutnya, kegiatan kampanye ini diawali dengan penampilan dari PAUD dan TK di antaranya; Tari Massal Vose Sakaya gabungan PAUD se-Kota Palu, Tim Angklung dari TK IDATA Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, serta penampilan Gerak Jalan Bahagia dari TK Bhayangkara.

Sementara itu, dalam laporannya, Ketua Panitia Diana Patalau mengatakan, tingkat literasi di Indonesia masih sangat rendah. Itu terbukti dari survei yang dilakukan oleh Program For International Student Assessment (PISA), Indonesia menempati peringkat 62 dari 72 negara.

“Hal tersebut menunjukkan bahwa tingkat literasi Indonesia sangatlah rendah. Oleh karena itu kita perlu menggalakkan kebiasaan membaca sejak dini,” ujar Diana Patalau.

Wakil Gubernur Sulteng, Ma’mun Amir mewakili Gubernur Sulteng memberikan sambutannya sekaligus membuka kegiatan kampanye minat baca secara resmi menjelaskan, bahwa sambil mengajarkan anak-anak membaca guru juga harus mengajarkan mengenai kejujuran, pergaulan serta upaya (berusaha).

“Harapan saya, bagi guru-guru TK dan PAUD tolong sambil mereka dicoba untuk didorong belajar dan membaca tetapi tiga faktor itu tadi yang sangat menentukan kemajuan anak-anak kedepan,” Kata Wakil Gubernur Sulteng, Ma’mun Amir

D iakhir sambutannya Ma’mun Amir menyampaikan ucapan terima kasih dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Tim Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Tengah yang telah mengadakan Kampanye Minat Baca bagi PAUD dan TK.

“Semoga kegiatan yang positif ini dapat meningkatkan minat baca di keluarga-keluarga dan anak-anak di Sulawesi Tengah sehingga semakin banyak masyarakat yang beredukasi dan gilirannya dapat menjadi daya dukung keberhasilan Sulawesi Tengah di masa mendatang,” harap Ma’mun Amir pada kesempatan itu .

Reporter: Irma
Editor: Nanang