Rawan Bencana, Parigi Moutong Peringkat ke-4 di Sulteng

oleh -
Asisten Pemerintahan dan Kesra,  Pemerintah Daerah (Pemda) Parimo, Samin Latandu, ketika membacakan sambutan Bupati pada sosialisasi dan internalisasi penyusunan dokumen rencana Penanggulangan Bencana Kabupaten Parimo, berlangsung di aula lantai II kantor bupati. (Foto:Humas Pemkab)

PARIGI- Berdasarkan Indeks Resiko Bencana Indonesia (IRBI) Kabupaten Parigi Moutong berada di urutan ke empat tingkat kerawanan terjadinya bencana alam, di Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng).

Hal tersebut ditegaskan Asisten Pemerintahan dan Kesra,  Pemerintah Daerah (Pemda) Parimo, Samin Latandu, ketika membacakan sambutan Bupati pada sosialisasi dan internalisasi penyusunan dokumen rencana Penanggulangan Bencana Kabupaten Parimo, berlangsung di Aula Lantai II Kantor Bupati,  Selasa (19/9).

Dia mengatakan, kerawanan itu disebabkan oleh perubahan iklim, kerusakan lingkungan biogeofisik, degradasi sumber daya alam dan lingkungan.

Olehnya, menurut dia,  kegiatan penyusunan dokumen rencana penanggulangan bencana sangatlah dibutuhkan untuk mendukung Pemda Kabupaten Parigi Mautong dalam menyiapkan Rencana Penanggulangan Bencana (RPB) sebagai bagian perencanaan pembangunan daerah berdasarkan hasil kajian resiko bencana.

Ia mengimbau, dengan sosialisasi itu dapat membantu Pemda dalam melakukan sinkronisasi kebijakan penanggulangan bencana di tingkat nasional hingga daerah. Serta dapat membantu Pemda Kabupaten Parigi Moutong dalam melakukan perencanaan pembangunan daerah yang terintegrasi dengan penanggulangan bencana.

“Oleh karena itu kepada para peserta sosialisasi agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh. Dan, diharapkan dapat memberikan data serta informasi dalam penyusunan dokumen rencana penanggulangan bencana agar output dari kegiatan tersebut benar-benar tepat sasaran dan berhasil guna,” tutupnya. (BAMBANG)