PALU – Yamaha, salah satu produsen motor terkemuka di Indonesia, telah membuka tirai tentang teknologi canggih yang mereka gunakan untuk memastikan rangka sepeda motor mereka menjadi pondasi kuat yang menjaga keamanan dan ketahanan di setiap perjalanan. Dalam upaya menjaga slogan mereka, “Semakin Di Depan,” Yamaha menjelaskan betapa seriusnya mereka dalam merancang rangka motor mereka.
Rangka sepeda motor Yamaha hadir dalam tiga model berbeda. Pertama adalah under bone yang digunakan pada semua tipe motor matik Yamaha, sementara yang kedua adalah delta box yang digunakan pada sepeda motor seperti Vixion, R15, MT 15, dan XSR 155. Model rangka ketiga, yang dikenal sebagai diamond, secara khusus digunakan untuk motor R 25 dan MT 25. Diamond frame ini juga memiliki varian turun yang disebut semi double cradle, yang digunakan pada motor WR155.
Adin Mangge, Instruktur Yamaha Akademik, mengungkapkan bahwa bahan utama yang digunakan dalam rangka Yamaha adalah baja karbon tipe JIS G 3445 dengan ketebalan 2,3 mm. Rangka ini dilas secara rapi oleh robot dan memiliki saluran air yang penting. “Bahan utamanya ini tidak pernah Yamaha ganti. Mengikuti teknologi seperti saluran air ini yang sudah diterapkan dari unit Yamaha jauh sebelumnya,” kata Adin Mangge.
Adin menjelaskan bahwa rangka Yamaha melewati uji coba sebelum dirakit. Yamaha melakukan uji kekuatan pengelasan pada setiap produksi dan menguji ketahanan cat dengan menyemprotkannya dengan air garam selama 240 jam, setara dengan 10 hari.
Selain itu, rangka Yamaha juga menjalani proses pelapisan cat yang unik. Rangka dicelup untuk memastikan bahwa semua bagian besi terlapisi dengan baik, baik bagian luar maupun dalam. Ini juga dialiri listrik untuk memastikan cat menempel sempurna tanpa gelembung udara di besi rangka.
Salah satu teknologi lain yang diterapkan Yamaha adalah saluran air atau drain hole. Saluran ini memastikan bahwa cairan yang masuk ke dalam rangka dapat keluar dengan mudah, sehingga rangka tidak terendam dan tidak mudah berkarat.
Surya Rifardy dari Bagian Promosi CV Akai Jaya Motor mengatakan, hingga saat ini, tidak ada kasus konsumen yang mengeluhkan rangka patah akibat keropos. “Semua rangka Yamaha sudah teruji awet dan kuat,” ujar Surya dengan percaya diri.
“Yah ini bukti bahwa dari dulu yamaha berani menunjukan kualitas motor nya ke public. Jadi bukan hanya karna kasus rangka eSAF saja. Kita tidak menari di atas kasus yang menimpa kompetitor akan tetapi kita sebagai brand yamaha mempertegas bahwa produk yamaha secara proses produksi, kualitasnya sangat diperhatikan,” tegas Direktur Marketing CV Akai Jaya Motor Andi Raharja Limbunan.
Dengan teknologi canggih ini, Yamaha terus memastikan bahwa rangka sepeda motor mereka tetap menjadi landasan kuat bagi pengendara setia mereka, sehingga mereka dapat selalu “Semakin Di Depan” dalam setiap perjalanan mereka.
Reporter: Irma