PT Vale Bagikan 1.500 Paket Sembako dan Pamerkan Produk UMKM Binaan

oleh -
FOTO: DOK. PT VALE

MAKASSAR – PT Vale Indonesia Tbk membagikan 1.500 paket sembako kepada masyarakat kurang mampu di acara Ramadhan Favorit 1444 H, di Monumen Mandala, Makassar, Senin (27/03).

Kegiatan yang berlangsung selama sebulan penuh ini digelar oleh Pemprov Sulsel melalui PT Sulsel Citra Indonesia (SCI) atau Perseroda Sulsel.

Direktur Eksternal PT Vale, Endra Kusuma mengatakan, tahun ini adalah pertama kalinya PT Vale berpartisipasi dengan membagi 1.500 paket sembako untuk masyarakat kurang mampu tersebut.

Menurutnya, aksi kepedulian ini merupakan bagian dari komitmen PT Vale dalam penerapan aspek ESG (Environment, Social, Governance) pada operasional tambang.

Dalam kegiatan ini, PT Vale juga memasarkan produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) binaan PT Vale dari Luwu Timur (Lutim), dengan harapan bisa dikenal di tingkat regional, tidak hanya dikenal pada lingkup lokal di Lutim.

BACA JUGA :  Gelar Lomba Kebersihan, PT Vale Dorong Kesadaran Warga dalam Pengelolaan Sampah

“Kegiatan ini bisa menjadi wadah bagi kami untuk memasarkan produk UMKM binaan PT Vale, karena selama ini kendala yang kami hadapi bersama UMKM, yaitu pemasaran,” ujar Endra.

Sementara itu, Direktur Utama Perseroda Sulsel, Yasir Machmud, menyampaikan rasa terima kasih kepada PT Vale yang telah mendukung kegiatan Ramadan Favorit dengan menyediakan 1.500 paket sembako untuk dibagikan secara gratis, khususnya kepada pengemudi ojek online dan masyarakat kurang mampu.

Yasir berharap, kegiatan yang melibatkan berbagai pelaku UMKM se-Sulsel ini, dapat meningkatkan kreativitas dan produktivitas, generasi muda dan pelaku UMKM.

BACA JUGA :  Indosat dan Ericsson Luncurkan Platform Monetisasi Digital Pertama di Dunia

“Kegiatan dengan basis kerakyatan seperti ini perlu dikembangkan untuk memberikan kesempatan kepada para pelaku UMKM di Sulsel untuk memamerkan karya atau produknya,” katanya.

Kadis Perdagangan Sulsel, Arwin Azis menyebutkan, andilnya PT Vale dalam menghadirkan produk UMKM tentu dapat mendorong kreatifitas dan produktifitas
produk UMKM lainnya dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Terima kasih PT Vale telah turut menggerakkan ekonomi masyarakat, termasuk membantu masyarakat memperoleh sembako di tengah kondisi ekonomi yang terus membaik pasca kondisi covid. Semoga kegiatan ini menjadi semangat baru dalam membantu pemerintah memberdayakan UMKM,” tuturnya.

Saat ini, terdapat 104 UMKM menjadi binaan PT Vale, dari jumlah tersebut telah diklasifikasikan sebanyak empat UMKM sudah mandiri dan bankable, 39 UMKM menuju mandiri dan profitable serta 61 UMKM wirausaha baru (pemula dan feasible)

BACA JUGA :  Direktur CNN Indonesia: Komitmen Penerapan Standar ESG di PT Vale Patut Diapresiasi

Sementara untuk pemasaran produk tersebar di toko oleh-oleh, toko campuran, Galeri UMKM Kareso Anatowa, pasar retail dan beberapa hotel di Makassar. */RIFAY