Penggusuran di Luwuk, Kapolda Ditantang Tetapkan Kapolres Jadi Tersangka

oleh
Pertemuan antara perwakilan korban penggusuran dengan Komda HAM Sulteng, Selasa (06/06). (FOTO: MAL/SAM)

PALU – Komisariat Daerah (Komda) Hak Asasi Manusia (HAM) Sulteng menantang Kapolda Sulteng, Brigjen Pol Rudi Sufahriyadi untuk menetapkan Kapolres Banggai, AKBP Heru sebagai tersangka kasus penggusuran di Tanjung Sari, Kota Luwuk.

Tak hanya Kapolres, Kapolda juga diminta menetapkan tersangka lainnya yang dinilai mem-back-up penggusuran, seperti pihak Kejaksaan Negeri (Kajari), Pengadilan Negeri (PN) dan Satpol-PP.

“Pokoknya semua aparat yang terlibat dalam eksekusi melebihi putusan MA, harus ditindak dan ditetapkan sebagai tersangka,” tegas Ketua Komda HAM Sulteng, Dedi Askari saat menerima perwakilan warga yang menjadi korban penggusuran, Selasa (06/06).

Dedi mengaku turut prihatin dan menyesalkan tindakan aparat penegak hukum yang dianggap sewenang-wenang.

“Ini tidak boleh dibiarkan. Apalagi ada penangkapan dan intimidasi yang dilakukan aparat kepada warga,” katanya.

Kemarin, warga meminta Komda HAM turun tangan melakukan investigasi atas kasus penggusuran tanggal 3 Mei 2017 lalu, yang menyebabkan ratusan kepala keluarga kehilangan tempat tinggal.

“Pokoknya kita minta komda HAM turun ke sana melihat langsung kondisi yang sebenarnya, supaya bisa menemukan pelanggaran yang dilakukan oleh aparat penegak hukum,” kata salah satu perwakilan warga, Salma.

Ia membeberkan, berdasarkan Keputusan Mahkamah Agung (MA) Nomor: 2351K/Pdt/1997, eksekusi hanya dilakukan terhadap objek sengketa, yakni dua bidang tanah, masing-masing berukuran 26,50 x 22 meter persegi dan 6,70 x 13,35 meter persegi.

Namun kenyataannya, penggusuran sudah melebihi objek sengketa, yakni sudah mencapai 10 hektar.

“Tindakan ini jelas sudah pelanggaran dan tidak bisa ditolerir,” tambahnya.

Salma yang didampingi Front Perjuangan Kedaulatan Rakyat  juga mempertanyakan penetapan status tersangka kepada dua warga bernama Surip dan Firman oleh aparat kepolisian. (SAM)

Donasi Bencana Sulbar