Mahasiswa Untad Kesurupan Massal

oleh
Salah satu mahasiswi baru Fakultas Ekonomi Untad yang kesurupan sedang mendapat penanganan dari seorang ustadz, Senin (13/08). (FOTO: IST)

PALU – Sedikitnya 20 mahasiswa baru (maba) Fakultas Ekonomi (Fekon), Universitas Tadulako (Untad), mengalami kesurupan massal saat sedang mengikuti kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tingkat fakultas, Senin (13/08).

Peristiwa itu sempat menimbulkan kehebohan, baik di kalangan panitia maupun peserta PKKMB lainnya. Beruntung panitia bergerak cepat melakukan evakuasi kepada maba yang kesurupan ke salah satu ruangan kuliah terdekat. Sementara yang kesurupan langsung ditangani ustadz.

“Kejadiannya sekitar Pukul 09.30 Wita, saat maba tengah mengikuti materi pertama dari Bank Indonesia. Kejadiannya di luar kontrol kita,” kata Ketua Panitia PKKMB Fekon Untad, Harnida Wahyuni Adda.

Menurutnya, kondisi fisik mereka yang mengalami kesurupan tidak memungkinkan untuk mengikuti kegiatan, meski sudah mendapat penanganan medis dari petugas kesehatan.

“Maka sebagian terpaksa harus dipulangkan,” katanya.

Harnida menuturkan alasan pelaksanaan kegiatan tersebut dilaksanakan di ruang terbuka yang hanya menggunakan tenda.

“Kenapa kita laksanakan di ruang ruangan, karena memang waktu PKKMB tingkat universitas kami laksanakan di ruang kuliah dan sudah ada mahasiswa yang kesurupan, menurut pengakuannya melihat hal gaib sekitar ruangan sini,” tuturnya.

Sehingga pada pelaksanaan PKKMB tingkat fakultas, pihaknya sudah mengantisipasi dengan menyiagakan beberapa dosen dan ustadz yang memiliki keahlian memberikan pertolongan.

“Meski demikian kita hanya berharap agar peristiwa serupa tidak terulang lagi hingga akhir kegiatan,” harapnya.

PKKMB Fekon diikuti sekitar 1.500 maba terbagi dalam tiga jurusan, yaitu akuntansi, manajemen dan pembangunan. Selama PKKMB, para maba akan mengikuti berbagai materi, di antarannya sosialisasi anti narkoba.

“Pada intinya PKKMB hari pertama mengenalkan seputar kehidupan kampus dengan pemateri wakil-wakil dekan dan ketua-ketua program studi. Untuk hari kedua seputar pembinaan minat dan bakat mahasiswa,” tambahnya..

Pelaksanaan PKKMB tingkat fakultas dilaksanakan pada 13 sampai 16 Agustus mendatang. (YAMIN)

Donasi Bencana Sulbar