Kwarnas Pramuka Gelar Upacara HUT RI Terlengkap

oleh -
Ketua Kwarnas Adyaksa Dault menjadi pembina upacara HUT RI ke-72 di Buperta CiIbubur. FOTO: MAL/IZFALDI

JAKARTA – Kwartir Nasional (Kwarnas) gerakan Pramuka menggelar upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 pada Kamis (17/8) di Buperta Cibubur, Jakarta Timur.

Upacara kemerdekaan ini bisa dikatakan terlengkap, karena diikuti perwakilan daerah seluruh Indonesia dengan rincian 34 provinsi dan 514 kota/kabupaten.

Menurut Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault, kegiatan ini bukti bahwa Gerakan Pramuka benar-benar menjadi “rumah besar” yang dapat menyatukan bangsa Indonesia. Sebab, gerakan Pramuka memiliki potensi dan visi misi yang besar, anggotanya tersebar di seluruh pelosok tanah air, dan jaringannya luas terstruktur secara sistematis.

“Semoga nantinya diperingatan HUT RI KE 72 ini para anggota pramuka bisa mewariskan yang terbaik bagi bangsa, dimana gerakan pramuka tetap konsisten dan fokus dalam membina generasi muda,” jelas Adhyaksa Dault

Bukan hanya itu, Adhyaksa Dault juga mengatakan bahwa gerakan Pramuka telah merespon apa yang telah dicita-citakan oleh bapak Presiden RI Joko Widodo. Bahkan saat ini Gerakan Pramuka telah memiliki tagline #setiapPramukaAdalahKantorBerita, yang artinya bahwa anggota Pramuka harus lebih aktif produktif dan kreatif dalam menyuarakan atau mengabarkan keadaan di sekitarnya.

Lebih juga, tokoh asal Donggala Sulawesi Tengah ini menambahkan, ketika Gerakan Pramuka bermedia sosial di dunia maya maupun nyata, harus lebih terasa manfaatnya di kalangan masyarakat, bukan hanya untuk kesenangan pribadi saja.

“Kami juga berharap pramuka terus diberi ruang setiap pihak untuk merealisasikan visi – misinya khususnya ketika dalam membentuk karakter kaum muda di indonesia,” tutup mantan Menteri Pemuda dan Olahraga ini.  (faldi)