Jelang Tiga Tahun Memimpin, Sulteng Bebas Desa Sangat Miskin

oleh -

PALU – Gubernur Sulawesi Tengah, Rusdy Mastura, menerima penghargaan dari Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) RI, Prof Dr Muhajir Efendy, pada Jumat, 14 Juni 2024. Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi atas komitmen tinggi Sulawesi Tengah dalam mendukung percepatan pembangunan daerah tertinggal. Acara penyerahan penghargaan berlangsung di Palu, meskipun Gubernur Rusdy tidak dapat hadir karena menghadiri Rakornas Pengendalian Inflasi dan TPID Award 2024 di Jakarta yang berlangsung pada waktu bersamaan.

Penghargaan ini menjadi bagian dari rentetan prestasi dan capaian strategis yang diraih oleh Gubernur Rusdy Mastura dan Wakil Gubernur Ma’mun Amir selama tiga tahun masa jabatan mereka, mulai 16 Juni 2021 hingga 16 Juni 2024. Hal ini sejalan dengan visi mereka dalam mempercepat kemajuan dan kesejahteraan di Sulawesi Tengah.

Dalam sambutannya, Menko PMK Muhajir Efendy menyatakan bahwa Sulawesi Tengah berhasil menghapuskan desa sangat miskin di wilayahnya. Prestasi ini turut mendukung capaian nasional dalam pengurangan kemiskinan ekstrem di negeri Seribu Megalit tersebut.

Gubernur Rusdy Mastura mengajak insan pers untuk berperan aktif sebagai penjernih informasi di masyarakat dengan menyampaikan berita yang akurat dan berdasarkan data serta fakta. Ia menegaskan bahwa data publik dari semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dapat diakses oleh masyarakat sesuai dengan amanat UU Keterbukaan Informasi Publik, sehingga hak publik atas informasi yang benar dapat terpenuhi.

“Dengan penghargaan ini, saya berharap Sulawesi Tengah terus berbenah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya, menuju provinsi yang lebih maju dan sejahtera,” ujar Rusdy Mastura menutup pembicaraanya.

Reporter Irma