IZI ke Desa Mekkatta: 776 Jiwa Butuh Bantuan, Kades Korban Meninggal

oleh
Relawan IZI Kota Palu memberikan makanan kepada penyintas di Desa Mekata, Kecamatan Malunda, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat. (FOTO: IST)

MAJENE – Memasuki hari ke tiga di lokasi bencana gempa bumi Sulawesi Barat, tim Emergency Respont Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) masih melanjutkan proses assesment terhadap posko-posko pengungsian. Kali ini IZI menyusuri Desa Mekkatta, Kecamatan Malunda, Kabupaten Majene.

“Tercatat sebanyak 133 KK yang terdiri atas 776 jiwa harus tinggal di lokasi-lokasi pengungsian,” kata, Kabid Pendayagunaan IZI Sulteng, Syafrudin via WA kepada MAL Online, Senin (18/01).

Menurutnya, hingga saat ini yang masih dibutuhkan di lokasi pengungsian di antaranya sembako, perlengkapan bayi (susu dan popok), serta tenaga medis.

Bahkan menurut Syafrudin, aktivitas penanganan paska bencana di desa tersebut juga sempat lumpuh, karena Kepala Desa Mekkatta, Kasman Kabir menjadi korban jiwa (meninggal dunia).

“Sementara Sekdes mengungsi ke daerah yang lebih aman,” imbuhnya.

Selain itu, menurutnya, aktivitas yang telah dilakukan oleh tim IZI di antaranya pembuatan dapur umum dan distribusi makanan, serta layanan kesehatan. (NANANG)

Donasi Bencana Sulbar