Hari ini KPU Parimo Mulai Pleno Rekapitulasi Suara Pilkada 2020

oleh -
Komisioner KPU Parimo mulakan rapat pleno tingkat Kabupaten, dihadiri pimpinan Bawaslu serta jajaran Panwascam, bertempat di Aula KPU Selasa (15/12). (FOTO:MAWAN)

PARIMO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), hari ini 15 Desember 2020, mulai melaksanakan tahapan rapat pleno terbuka rekapitulasi suara pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng tahun 2020.

Berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 13 Tahun 2020 tentang perubahan kedua PKPU nomor 6 Tahun 2020 tentang pelaksanaan pemilihan gubernur/wakil gubernur, bupati/wakil bupati dan atau wali kota/wakil wali kota serentak lanjutan dalam kondisi bencana non-alam COVID-19.

Ketua KPU Parimo, Sulfiana Dg Patanga mengatakan, setelah melalui tahapan yang panjang, mulai penghitungan suara tingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS), lalu tingkat Panitia Penyelenggara Kecamatan (PPK), kini masuk rekapitulasi di tingkat kabupaten yang dilaksanakan secara terbuka.

“Proses rekapitulasi menghadirkan PPK dan Panwaslu termasuk saksi dua pasangan calon, beserta pimpinan Bawaslu tingkat kabupaten untuk menyaksikan bersama proses penghitungan hingga selesai,” katanya.

Kata dia, Pada Pilkada kali ini jumlah pemilih yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Parimo sebanyak 294.069 pemilih, terdiri dari 150.410 pemilih laki-laki dan 143.659 pemilih perempuan yang berada di 23 kecamatan dan 283 desa/kelurahan.

Selain itu, Parigi Moutong memiliki 902 TPS, terdiri dari 48 TPS terpencil dan 37 TPS tersulit.

“Dibandingkan Pemilu tahun lalu, terjadi penurunan jumlah DPT pada Pilkada 2020, yang mana 2019 DPT Parigi Moutong sebanyak 303.941 pemilih, dengan jumlah DPT yang ada diharapkan tingkat partisipasi pemilih bisa mencapai target 77,5 persen,” terangnya.

Ia menjelaskan, sesuai jadwal dan kegiatan, tahapan rekapitulasi berlangsung selama tiga hari ke depan, atau dimulai sejak tanggal 15 sampai 17 Desember 2020, dan selanjutnya rekapitulasi tingkat provinsi sebagai penentu pemenang Pilkada 2020.

Lanjut dia, kesuksesan suatu pemilihan tidak terlepas dari dukungan dan partisipasi masyarakat, tidak terkecuali keterlibatan para pihak lainnya.

Reporter : Mawan
Editor : Yamin