Goes to Company, Permuda Sulteng Kunjungi Kompas Group

oleh -
Foto bersama di ruang redaksi Kompas. (FOTO: IST)

JAKARTA – Persatuan Pelajar, Mahasiswa, dan Pemuda (Permuda) Sulawesi Tengah mengadakan kunjungan ke perusahaan (company visit) sebagai salah satu bentuk realisasi program kerja organisasi.

Program bertajuk “Permuda Goes to Company” itu dilaksanakan di Menara Kompas, Jalan Palmerah Selatan, Nomor 21, Jakarta Pusat, pekan lalu.

Ketua Pelaksana Permuda Goes To Company, Agung Ramadhan, Ahad (05/05), mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana ruang lingkup kerja perusahaan media, khususnya di Kompas Group.

“Dengan mengusung tema media dan pendidikan untuk kesadaran literasi anak muda, diharapkan peserta dapat memperoleh pengetahuan dalam merespon dan menyikapi berbagai fenomena seperti hoax, hate-speech, cyberbulling, dan sebagainya di tengah era informasi saat ini,” ujarnya.

Menurut Agung, kegiatan ini diikuti sebagian besar mahasiswa yang tidak hanya berasal dari Sulawesi Tengah saja, namun juga dari beberapa provinsi lain.

Peserta pun antusias mengikuti seluruh rangkaian acara, yang diawali sesi diskusi dengan sambutan dan penjelasan terkait profil perusahaan oleh Antonius Tomy Trinugroho selaku Wakil Redaktur Pelaksana, dan Subur Tjahjono sebagai Sekretaris Redaksi Harian Kompas.

Sementara Kepala Departemen Kompas Muda, Budi Suwarna, turut menjelaskan bagaimana kolaborasi kerja media dan anak muda, kemudian mengantar peserta mengunjungi dan melihat ruang-ruang kerja redaksi Kompas.

Membahas terkait fenomena era informasi, Budi mengatakan bahwa  saat ini semua orang bisa memberikan informasi semacam berita, tetapi masalahnya, apakah informasi tersebut adalah berita yang mengandung prinsip-prinsip jurnalistik ataukah hanya sekadar informasi tanpa kejelasan dan kebenaran atau hoax dan sejenisnya.

“Informasi juga perlu dipahami dengan melakukan kroscek atau klarifikasi terlebih dahulu sebelum mempercayai dan menyebarkannya ke orang lain. Semoga ada ilmu serta literasi yang bisa diperoleh dari kunjungan singkat ini. Diharapkan teman-teman juga dapat memiliki ketertarikan untuk menulis dan berkarya bersama Kompas,” tutup Budi.

Ridha Pratama, salah satu peserta mengatakan, kegiatan ini sangat menarik dan bermanfaat.

“Kita dapat mengenal perusahaan dan belajar bersama para profesional. Semoga ke depannya Permuda Sulteng dapat terus menyelenggarakan kegiatan-kegiatan positif lainnya.,” singkatnya. (RIFAY)