BTNKT Berhasil Transplantasi Karang di Reef 1 Kepulauan Togean

oleh -

AMPANA – Balai Taman Nasional Kepulauan Togean (BTNKT) di Kabupaten Tojo Una-Una, berhasil melakukan transplantasi karang di reef 1.

Menurut Kepala BTNKT Bustang, Selasa (09/04), proses transplantasi telah dilakukan sejak Tahun 2017 di beberapa lokasi, di antaranya Siatu, Kulingkinari, Togean, Malenge, Reef 1, Reef Lompatan, Desa Loe, Pangempa dan beberapa lokasi lainnya dan kini mulai terlihat hasilnya.

“Petugas kami saat ini tengah melakukan proses pemeliharaan agar pertumbuhannya lebih maksimal dan terjaga dan memberikan manfaat bagi kehidupan bawah laut yang memiliki keindahan yang mesti dijaga demi keberlanjutan dan kelestariannya,” ujarnya.

Bustang menyebutkan, sebanyak 63.440 bibit karang yang ditransplantasi sejak tiga tahun silam dan bisa dibayangkan pertumbuhannya sehingga perlu kesadaran semua pihak untuk bisa menjaga dan melindungi serta mengetahui betapa pentingnya karang bagi ekosistem laut.

Terkait maraknya kampanye mengurangi sampah plastik utamanya di wilayah perairan laut, Bustang telah melakukan upaya kolaborasi dengan semua stakeholder untuk melakukan pembersihan di darat, pesisir dan laut di sekitar desa-desa di Kepulauan Togean.

“Kami berharap agar semua pihak mau bersama-sama bergerak melindungi semua wilayah dari sampah plastic, terlebih di wilayah perairan yang banyak dihuni pula oleh mahluk hidup,” pintanya.

Taman Nasional Kepulauan Togean merupakan kepulauan yang terletak dalam zona transisi garis Wallace dan Weber dan merupakan gugusan pulau-pulau kecil yang melintang di tengah Teluk Tomini. (BAL)