BP PAUD dan Dikmas Bimtek Penginputan Data melalui Web

oleh -
Kepala BP PAUD dan Dikmas Provinsi Sulteng , Dr. Arman Agung saat membuka Bimtek Penginputan Data melalui Portal Situs Web BP PAUD dan Dikmas Sulteng, Rabu (09/05) (FOTO : MAL/YAMIN)

PALU – Balai Pengembangan (BP) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas) Provinsi Sulteng melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penginputan Data melalui Portal Situs Website, di salah satu hotel di Kota Palu, mulai tanggal 9 sampai 11 Mei 2018.

Kegiatan diikuti 45 peserta, terdiri dari Ketua Lembaga Mitra Sulteng, SPF SKB se-Sulteng, Operator Himpaudi kabupaten/kota, Operator Diki kabupaten/kota, operator PKBM, Operator IGTKI kabupaten/kota, FKLKP kabupaten/kota dan layanan terpadu BP PAUD.

Sementara, narasumber yang dihadirka berjumlah 8 orang.

Kepala BP PAUD dan Dikmas Sulteng, Arman Agung mengatakan, kegiatan itu sesungguhnya hanya berisi teknis cara penginputan data ke situs Web BP PAUD yang dalam jangka kurang lebih dua bulan sudah mengalami perubahan laman.

“Yang tadinya hanya sebagai corong satu arah dari balai, kami berupaya menjadi rumah bersama atau rumah pangkalan data yang di dalamnya berisi portal. Dimana teman-teman organisasi mitra punya tempat untuk menginput data segala hal yang berkaitan dengan keorganisasian. Jika terwujud, maka akan memudahkan kami dalam melakukan pelayanan, memberikan fasilitias dan bantuan kepada organisasi mitra,” terangnya.

Sistem itu, lanjut dia, lebih mengarah tentang bagaimana menciptakan tujuan organisasi yang handal, sesuai dengan yang disyarakatkan, sebagaimana organisasi yang mendapat pengakuan pemerintah lewat akreditasi.

“Karena pengakuan itu merupakan sebuah kredibilitas yang membuat teras masyarakat, kita harus memiliki kepercayaan dari masyarakat terhadap organisasi-organisasi penyelenggara pendidikan di wilayah. Karena sangat beda antara mengaku dengan mengakui,” tambahnya.

Arman berharap kepada mitra, entah namanya forum, himpunan, ikatan atau satuan, agar bisa menginfokan pada masyarakat dengan tercapainya penginputan data nanti.

Dipenghujung, Arman menginfokan pada peserta bawa kondisi web PB PAUD saat ini masih tahap uji coba, kemungkinan besar teknik pengimputan data masih secara offline, karena terkendala faktor jaringan dan kesiapan development kepada web yang belum selesai.

“Jadwalnya 60 hari masa kerja, tetapi karena bimtek harus kami lakukan, makanya sistemnya masih data-data awal saja. Jadi ketika peserta punya kemampuan menginput data-data awal maka untuk menambah inputan bukan masalah lagi. Semuanya akan memiliki login dan pasword dan dengan adanya grup medsos yang kita bentuk, kita akan berkomunikasi,” pesan Arman.

Sementara Ketua Panitia, Hadrawati menyampaikan, kegiatan itu bertujuan merevitalisasi situs Web BP PAUD dan Dikmas Sulteng sebagai pangkalan data dan informasi dua arah dalam meningkatkan pelayanan masyarakat di wilayah kerja. (YAMIN)