BKKBN Sulteng Lakukan Penyegaran Pejabat

oleh
Suasana pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan di lingkungan Kantor Perwakilan BKKBN Sulteng, Selasa (17/04). (FOTO: MAL/YAMIN)

PALU – Kantor Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sulteng, melakukan rotasi pada lima pejabat pengawas eselon III/D. Para pejabat itu dilantik dan diambil sumpahnya di ruang Pola Kantor Perwakilan BKKBN Sulteng, Selasa (17/04).

Pejabat yang dilantik yakni, Sutrisno, dari Kasubag Umum dan Humas Bidang Sekretariat  kini menjabat Kepala Sub Bidang Kerjasama Pendidikan Kependudukan Bidang Dalduk. Muh. Akil, dari Kepala Sub Bidang Tata Operasional Bindang Latbang, dilantik menjadi Kepala Sub Bidang Penyelenggaraan dan Evaluasi Latbang  Bidang Latbang.

Dorkas, Kepala Sub Bagian Didang Data dan informasi Bidang ADPIN menjadi kepala UB Bidang Kesehatan Reproduksi Bidang KB dan KR. Yulianti, Sebelumnya menjabat Kepala Sub Bidang Kerjasama Pendidikan Kependudukan Bidang Dalduk. Kini menjabat Kepala Sub Bidang Data dan Informasi Bidang ADPIN.

Femy H. Yusuf, dari Kepala Sub Bidang Kesehatan Reproduksi Bidang KB dan KR , kini menjabat Kepala Sub Bidang Tata Operasional Bidang Latbang.Suryani, sebelumnya Analisis, kini  menjabat Kepala Sub Bidang Hubungan Antar Lembaga dan Bina Lini Lapangan Bidang ADPN.

Kepala Perwakilan BKKBN Sulteng, Abdullah Kemma usai melantik menyampaikan bahwa pergantian pejabat atau mutasi jabatan adalah hal yang biasa dalam organisasi.  Hal itu menandakan bahwa BKKBN dinamis dan terus bergerak menuju suatu perbaikan.

Disampaikannya, perubahan itu dalam upaya meningkatkan pengetahuan, keterampilan pengalaman manajerial sehingga setiap orang akan memenuhi kompetensi yang komprehensip guna meningkatkan kinerja pelaksanaan program KKBPK.

Kata Abdullah, tantangan BKKBN kedepan adalah banyaknya pejabat pengelola KB kabupaten/kota yang pindah tempat kerja. Sementara kabar baiknya yakni, para PKB/PLKB kembali menjadi pengawal BKKBN dan membantu tugas-tugas  dibarisan terdepan. Sehingga dirinya meminta agar selalu optimis untuk mencapai Visi dan misi   program KB yaitu, Menjadi lembaga yang handal dan dipercaya dalam mewujudkan penduduk tumbuh seimbang dan keluarga berkualuitas.

“Dalam dunia ini, apabila kita mau berupaya dengan sunguh-sungguh pasti bisa, dunia ada dalam genggaman kita, keberhasilan dan kegagalan ditentukan oleh tindakan hari ini. Jika kita ingin berhasil kita harus focus pada keberhasilan,”pesannya.

Dipenghujung, menyampaikan harapannya pada pejabat yang baru dilantik dapat menjadi teladan dalam integritas, disiplin, loyalitas, dedikasi dan selalu meningkatkan wawasan dan keilmuan baik dalam manajemen maupun lainnya, agar tidak ketinggalan dalam perubahan zaman dan selalu siap dengan segala perubahan.

“Saya sudah amati seluruh jajaran dalam tugasnya. Utamanya kesesuaian seseorang atas jabatan yang ia duduki. Pejabat baru senantiasa berkoordinasi pejabat lama. saling mengisi agar tugas dan program dapat direalisasikan secara optimal dan yang paling penting adalah penghayatan atas tupoksi selaku ASN yang dipercaya negara dalam suatu jabatan,” pesannya.

Dia berharap kepada pejabat yang baru dilantik menjadi tim yang solid yang dilandasi oleh prinsip-prinsip transpransi, inklusi, kejujuran, semangat kerja dan hasil penilaian akurat dan jujur tentang apa yang jalan apa yang tidak dan mengaitkan imbalan yang adil dengan pencapaian kerja dalam rangka mencapai tujuan. (YAMIN)