Indahnya Adab Para Ulama saat Bertemu

oleh
Habib Ali Zainal Abidin bin Abdurrahman Al-Jufri merangkul Ketua Utama Alkhairaat Habib Saggaf bin Muhammad Aljufri, di kediamannya, pekan lalu. (FOTO: MAL/YUSUF)

PALU – Seorang da’i tersohor, Habib Sayyid Ali Zainal Abidin bin Abdurrahman Al-Jufri, menyempatan diri bertandang ke kediaman Ketua Utama Alkhairaat, Habib Sayyid Saggaf bin Muhammad Aljufri, pekan lalu.

Sebelumnya, Habib Ali juga menyempatkan diri untuk menziarahi makam Pendiri Alkhairaat, Habib Sayyid Idrus bin Salim Aljufri (Guru Tua).

Pertemuan kedua ulama besar itu patut menjadi teladan. Diawali dengan saling berangkul, lalu Habib Ali menciumi kening Habib Saggaf. Dengan tawadhu-nya, Habib Ali yang jauh lebih muda menolak duduk di kursi yang sudah disiapkan, dia lebih memilih duduk di lantai bersama tamu lainnya.

“Tidak, saya duduk disini saja,” kata dia, sembari meminta kepada Habib Saggaf untuk mendoakannya.

Dalam pertemuan itu, Habib Saggaf sendiri menceritakan kisah perjuangan kakeknya, Guru Tua dalam membangun Alkhairaat. Habib juga membacakan dan menyerahkan syair Guru Tua kepada Habib asal Jombang tersebut.

Dari kediaman Habib Saggaf, Habib Ali bertolak mengunjungi Pondok Pesantren Raodhatul Mustafa Lil Khairaat yang diasuh Habib Sayyid Idrus Alhabsyi, untuk mengisi ceramah di kegiatan Isra dan Mi’raj.

Habib Sayyid Ali Zainal Abidin bin Abdurrahman Al-Jufri sendiri merupakan seorang Sarjana Islam Sunni Sufi dan sebagai pendidik spiritual di Uni Emirat Arab (Arab Saudi). Habib Ali juga telah mendirikan lembaga bernama Tabah Foundation, sebuah lembaga penelitian di Abu Dhabi. (YUSUF)

Donasi Bencana Sulbar