PALU – Himpunan Mahasiswa Manajemen (HMM) Fakultas Ekonomi Universitas Alkhairaat (Unisa) Palu sukses menyelenggarakan workshop bertema “Peran Digitalisasi dan Gen Z dalam Membangun Ekonomi Kreatif Berbasis Kearifan Lokal”, Kamis, (22/5).
Kegiatan tersebut menghadirkan narasumber dosen muda dari Fakultas Ekonomi, Riyan Muhamad L. Djalalembah, yang membahas peran strategis Generasi Z dalam menggerakkan ekonomi kreatif dengan memanfaatkan teknologi digital.
Ketua HMM, Ahmadyani, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan harapan agar kegiatan ini dapat memotivasi mahasiswa untuk mengembangkan ide-ide ekonomi kreatif berbasis budaya lokal.
“Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini. Semoga menjadi bekal dan motivasi bagi mahasiswa dalam menciptakan inovasi ekonomi yang membumi,” ujarnya.
Dekan Fakultas Ekonomi Unisa Palu, Dr. Muhammad Umar,menilai bahwa tema yang diangkat sangat relevan dengan perkembangan kewirausahaan digital saat ini, terutama dalam konteks keterlibatan Generasi Z.
“Workshop ini mengajak mahasiswa untuk menggali potensi lokal dan mengemasnya secara digital. Ini penting bagi mahasiswa, apalagi yang sedang menjalani KKN atau ingin terjun langsung ke dunia usaha,” jelasnya.
Dalam sesi pemaparan materi, Riyan Djalalembah menekankan bahwa Generasi Z memiliki keunggulan adaptif terhadap teknologi, yang menjadi modal penting dalam membangun usaha berbasis kearifan lokal.
“Gen Z bisa membangun bisnis dari kamar tidur, menggunakan media sosial dan e-commerce untuk menciptakan produk lokal bernilai tinggi,” katanya.
Ia juga memotivasi peserta agar memulai dari masalah nyata di sekitar mereka dan memanfaatkan strategi digital seperti storytelling, user generated content (UGC), serta kolaborasi lintas keahlian. Salah satu kutipan inspiratif yang disampaikan adalah “Scroll terus nggak bikin kaya, tapi satu ide yang kamu eksekusi bisa ubah hidupmu”.
Materi workshop juga menampilkan kisah sukses pelaku usaha muda Gen Z, mulai dari pengusaha tempe inovatif, olahan pisang lokal, hingga band indie asal daerah yang berhasil menembus pasar nasional.
Ketua panitia, Aisyah Afifah, menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan membekali mahasiswa dengan pemahaman mengenai pentingnya digitalisasi dan potensi Gen Z dalam mengembangkan sektor ekonomi kreatif berbasis budaya lokal. **
Editor : Yamin