4430 Vial Vaksin Covid Tahap II Menuju Sulteng

oleh -
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sulteng, dr. I Komang Adi Sujendra. (FOTO : MAL/FALDI)

PALU – Sebanyak 11,4 juta dosis vaksin Covid-19 akan siap pada Maret 2021 guna mendukung vaksinasi tahap II, yang akan menyasar kelompok orang lanjut usia (lansia) dan petugas pelayanan publik.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah dr.I Komang Adi Sujendra, dari jumlah keseluruhan itu Provinsi Sulawesi Tengah akan mendapatkan jatah sebanyak 4430 vial vaksin sinovac.

“Dan itu rencananya akan masuk pada minggu ini berdasarkan informasi awal dulu dari zoom meeting, nantikan akan ada lagi pemberitahuan selanjutnya agar kita persiapkan penjemputannya,” ujarnya kepada Mediaalkhairaat.id, Kamis (25/2).

Dia menjelaskan, nantinya vaksinasi tahap ke II itu akan menyasar seluruh petugas pelayanan publik. Di antaranya, pedagang di pasar, tenaga pendidik, pekerja sarana transportasi umum, pelayanan pariwisata, TNI/Polri, serta profesi jurnalis masuk dalam kategori yang akan menerima vaksin sinovac.

Pun, termasuk di dalamnya para kelompok lanjut usia, yang secara nasional jumlahnya mencapai 21,5 juta jiwa.

Sementara itu, Juru Bicara (Jubir) Vaksinasi Covid-19 Bio Farma, Bambang Heriyanto mengatakan, saat ini telah siap sekitar 7,5 juta dosis dan bulan Maret diperkirakan bisa sampai 11,4 juta dosis vaksin covid 19. Hal itu, untuk mensupport program agar tidak ada kendala terhadap ketersediaan produk.

Ia menyebutkan, sejak Minggu (2/21) lalu, Bio Farma sudah mendistribusi vaksin ke enam provinsi yakni Sumatera Barat 9.970 vial, Jawa Tengah 100.430 vial, Yogyakarta 10.820 vial, Jawa Timur 91.420 vial, Banten 28.800 vial, Bali 13.030 vial, dengan total 2,6 juta dosis.

Rep: Faldi/Ed: Nanang