Jembatan Gantung Kalukubula-Tinggede Ambruk

oleh -
Jembatan Gantung Desa Kalukubula-Tinggede ambruk diterjang air, Kamis dini hari tadi. (FOTO: MAL/NANANG)

PALU – Belum juga selesai pengerjaannya, jembatan gantung yang menghubungkan Desa Kalukubula dan Tinggede ambruk. Kejadian terjadi sekira pukul 01.00, Kamis dini hari tadi.

Gufran ketua RT setempat mengatakan, bahwa kejadian tersebut dirasakan oleh warga.  Warga mengiranya adalah gempa, tapi rupanya jembatan yang jadi kebanggaan warga itulah yang ambruk.

Belum diketahui apa penyebab sesungguhnya. Namun menurutnya, pihak terkait sudah mengetahui kejadian hal ini dan akan memantaunya. “Nanti kita tunggu dari kejaksaan dan dinas terkait. Sebentar mereka akan datang,” ujarnya.

Diperkirakan ambruknya jembatan ini dikarenakan kikisan air yang mengiris pasir di bawah tiang jembatan sebelah Timur (Desa Kalukubula). Akhirnya air yang mengitari tiang tersebut tidak mampu dilawan oleh pondasi kedalamannya sekitar tujuh meter dan tiang itu.

Tampak dari tiang yang jatuh ke sebelah timur itu patah dan  membuat tali labrang terlepas. Hanya saja tali labrang masih tetap kuat atau tidak terputus.

Ditaksir kerugian negara akibat rubuhnya jembatan ini sekira 1 Miliar lebih. Dengan ini, maka jembatan yang seharusnya dapat digunakan di akhir tahun ini, mesti dikerjakan kembali. (NANANG)