Wali Kota Palu Janji Bangunkan Gedung Kesenian

oleh -

PALU – Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid menyatakan, pihaknya akan segera membentuk Forum Seniman Kota Palu.

“Insya Allah secepatnya kita bentuk Forum Seniman Kota Palu yang di SK kan oleh wali kota. Insya Allah tahun depan kita akan membangun Gedung Kesenian di Kota Palu,” ujar Hadianto saat menyaksikan pementasan sejumlah maestro seni budaya di salah satu warkop, Senin (27/09).

Hadianto yang hadir di lokasi disambut dengan penyematan Siga sebagai bentuk penghormatan kepada dirinya selaku Tomaoge Nu Palu (bahasa Kaili). Selain itu Hadi juga diperdengarkan sebuah lagu kolaborasi etnik oleh seniman Palu yang liriknya tersebut mengandung makna ajakan kepada seluruh warga Kota Palu untuk bersama mewujudkan Palu sebagai sebagai Kota Adipura.

“Jujur saja ini membuat saya tergugah, tidak biasanya saya bertepuk tangan mengikuti irama. Saya orangnya biasa-biasa saja yang tidak suka berekspresi melihat sesuatu,” ucap Hadianto.

Menurutnya, pementasan yang baru saja disaksikannya itu adalah sebuah keterpanggilan untuk mendedikasikan diri dan pengabdian kepada kota ini dalam semua aspek yang ada.

Adapun sejumlah seniman yang tampil tersebut merupakan para Maestro Kesenian yang ada di Sulawesi Tengah, di antaranya Hapri K Poigi yang tampil membacakan puisi. Demikian pula Emhan Saja yang duet bersama putra ketiganya melantunkan puisi bertemakan Refleksi 3 tahun Bencana Alam Palu.

Selain itu ada Fathudin Mujahid yang tampil dengan seni gerak dan tari serta tetabuhan gendang dan gong yang mengandung pesan-pesan sosial.

Pementasan berdurasi dua jam tersebut diiringi musik kolaborasi etknik oleh para musisi Kota Palu yang dipimpin Adi Pakinde serta sejumlah musisi lainnya.

Reporter : Hamid
Editor : Rifay