Terpilih Jadi Sekkab Donggala, Rustam Diharap Bisa Tingkatkan Kinerja ASN

oleh
Sekkab Donggala yang baru, Rustam Efendi (kiri). (FOTO: JAMRIN AB)

DONGGALA – Sejumlah tokoh di Kabupaten Donggala berharap, Sekretaris Kabupaten (Sekkab) yang baru, Rustam Efendi (51) bisa membawa perubahan pada kinerja aparatur di lingkungan Pemkab Donggala.

Namrdu Mado, mantan Wakil Ketua DPRD Donggala, misalnya. Ia mengharap agar Rustam betul-betul memperlihatkan kinerjanya.

“Beliau punya komitmen bila sudah dilantik akan tinggal di Donggala dan menempati rumah jabatan. Selain itu, beliau menyatakan terus berkomunikasi dengan masyarat sekaligus mendorong peningkatan kinerja ASN,” kata Namrud, Jumat (05/06).

Sementara itu, Sekretaris PAN Kabupaten Donggala, Rofandy Ibrahim, mengatakan, meskipun ada harapan ingin memperlihatkan kinerja, tapi tetap harus memberi ruang kepada masyarakat untuk bisa dikritisi bila nantinya ada hal yang tidak sesuai harapan.

Diketahui, Rustam Efendi telah dilantik dan diambil sumpah jabatannya oleh Bupati Donggala, Kasman Lassa, di ruang Kasiromu Kantor Bupati Donggala. Pelantikan Dihadiri Wakil Bupati Moh. Yasin, anggota DPRD dan sejumlah pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Donggala.

Pelantikan juga dirangkai serah terima jabatan Sekkab dari Aidil Noor selaku Sekkab sebelumnya yang telah memasuki pensiun sejak 1 Juni 2020 lalu.

Bupati Donggala berpesan agar Sekkab yang baru dilantik dapat menjalankan tugas secara baik dan maksimal sebagaimana diamanatkan kepada seorang Aparat Sipil Negara (ASN).

Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada Aidil Noor yang selama ini telah menjalankan tugasnya dengan baik.

Rustam Efendi terpilih menjadi Sekkab Donggala setelah melalui lelang jabatan dalam beberapa tahapan hingga berkompetisi dengan dua pejabat lainnya yaitu Sofyan Dg. Malaba (Kadis Ketahanan pangan Kabupaten Donggala) dan Muhammad Yusuf (Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Donggala).

Sejak awal, sepupu Kasman Lassa itu sudah diprediksi bakal menduduki jabatan Sekkab. Mengawali karir ASN, dari guru itu akhirnya terpilih Rustam Efendi dalam menduduki jabatan pimpinan pratama terbilang sangat cepat.

Secara berjenjang pada saat Kasman Lassa menjabat Kepala Biro Humas dan Protokol Setdaprov Sulteng, Rustam Efendi yang berlatar belakang guru kemudian diposisikan pada jabatan Kabag Humas.

Kemudiaan saat Kasman Lassa terpilih jadi Bupati Donggala tahun 2014, Rustam Efendi dialihkan ke lingkup Pemkab Donggala dalam jabatan Kepala Dinas Pendidikan.

Setelah tiga tahun lebih digeser ke posisi jabatan Kepala Bappeda, bertukar posisi dengan Ibrahim Drakel. (JAMRIN AB)

Iklan-Paramitha