Siswa MTs Alkhairaat Pusat dipanggil Seleksi Timnas U 16

oleh -552 Kali Dilihat
Devan Sabil Putra (rompi warna ungu) saat menjalani pemusatan latihan sebelum mengikuti test seleksi Timnas U-16 gelombang ke II di Jakarta nanti, di stadion Gawalise Palu, beberapa waktu yang lalu.(Dok.Pelatih Devan)

PALU – Seorang siswa MTs Alkhairaat Pusat mendapat kesempatan untuk mengikuti seleksi Tim Nasional Sepakbola Indonesia dengan kelompok usia 16 tahun, di Jakarta, sejak Sabtu sampai Senin (26/04).

Dia adalah Devan Sabil Putra, anak kedua dari dua bersaudara pasangan M Lattu dan Sherly Atidun yang lahir di Kasimbar pada 9 Juni 2006, saat ini tengah duduk dib angku kelas sembilan (XI), di MTs Alkhairaat Pusat Palu.

Devan bercerita, ia telah menyukai sepak bola sejak masih berada di Taman Kanak-kanak. Kedua orang tuanya juga ikut mendukung apa yang dicita-citakan oleh Devan sejak kecil.

“Orang tua selalu kasi dukungan ke saya untuk terus lebih giat berlatih dan harus selalu bersyukur,” ujarnya kepada Mediaalkhairaat.id, dihubungi dari Palu, Selasa (27/04).

Sehari-harinya, bocah 16 tahun itu berlatih sepak bola di lapangan Galara, dan pernah bergabung bersama Sekolah Sepak Bola (SSB) Sinar Baiya, Tawaeli.

Kemudian, pada tahun 2019 ia berkesempatan mengikuti formil club di Jakarta, bersamaan dengan resminya Devan bergabung ke SSB Labuan Beru. Dan saat ini, dirinya kembali menimba ilmu dari sekolah sepak bola Gawalise, Tipo.

Pesepakbola yang diidolakannya adalah Frankie De Jong, pemain asal Timnas Belanda yang kini tengah memperkuat club raksasa Barcelona FC. Sedang di nasional, ia menjadikan pemain PSS Sleman, Muhammad Luthfi Kamal.

“Kalau pemain di lokal belum ada, karena mereka semua memeiliki kemampuan yang luar biasa masing-masingnya, dan semoga saya bisa membanggakan kedua orang dan Alkhairaat nantinya di kancah Nasional, dan terimakasih kepada PSSI Palu dan Wali Kota Palu yang juga sudah mendukung saya,” tegasnya.

Bocah kelahiran Kasimbar itu, dipanggil langsung pihak Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), melalui surat dengan nomer 3926/PGD/158/IV-2021 untuk mengikuti seleksi gelombang kedua di Jakarta.

Terpisah, Kepala MTs Alkhairaat Pusat, Saihun Aldjufri menjelaskan jika siswanya itu terpilih mengikuti seleksi Timnas U-16 itu, soetelah melalui seleksi ditingkat Kota dan Rayon III terdiri atas Provinsi Sulteng, Sulsel dan Sulbar.

“Alhamdulillah ya, karena juga Devan sangat berbakat sehingga bisa berhasil menembus sampai ketingkat nasional, dan kami dari pihak sekolah hanya berharap agar ananda Devan terus giat berlatih, jangan lupa shalat lima waktu dimana saja berada, agar cita-citanya diridhai Allah SWT,” singkat Saihun.

Reporter: Faldi
Editor: Nanang