Ribuan Jamaah Ikuti Shalat Ied di Masjid Agung

oleh -

Palu – Sang surya belum lagi menerangi bumi, akan tetapi ribuan para jamaah masjid Agung Darussalam Palu telah memenuhi halaman masjid Agung Darussalam Palu pada Ahad (25/6) guna melaksanakan shalat Idul Fitri 1438 Hijriah.

Dari pantauan media ini para jamaah mulai berdatangan sejak pukul 06.10 WITA dan baru melaksanakan shalat ID tepat pukul 07.00 WITA dengan dipimpin oleh Ustad Faifran.

Dalam sholat Idul Fitri itu juga turut dihadiri langsung oleh Gubernur Sulawesi Tengah serta para pejabat tinggi daerah sulteng lainnya.

Pada kesempatan itu Warek 1 IAIN Palu Azma M Mardjun yang bertindak sebagai khatib menceritakan kisah – kisah Rasulullah Shalaulahu Alaihi Wassalam yang mempunyai kaitan erat dengan Idul Fitri dan juga berkaitan dengan nilai-nilai toleransi.

Salah satu kisah Rasulullah yang berkaitan dengam nilai toleransi yang diceritakan dalam isi khotbah tersebut adalah kisah Rasulullah dengan seorang pengemis buta yang selalu menjelek-jelekkannya. Akan tetapi Rasulullah membalasnya dengan sebuah kebaikan tanpa kebencian sama skali.

“Itu adalah salah satu prasyarat sebagai simbol penting dalam meraih kesucian dasar manusia pada hari lebaran Idul Fitri,” kata Sang Khatib.

Sementara itu, dalam sambutannya Gubernur sulawesi tengah Longki Djanggola atas nama pemerintah daerah sulteng mengucapkan selamat hari raya idhul fitri 1438 H. (Faldi)