Posko Roa Jaga Roa Beri Pelatihan APD Bagi Tim Rescue

oleh -88 Kali Dilihat
Pelatihan alat pelindung diri (APD) bagi tim rescue Covid-19 di Posko Relawan Covid-19 Roa Jaga Roa, Jumat, 20 Agustus 2021. (Dok Roa Jaga Roa)

PALU- Posko Relawan Covid-19 Roa Jaga Roa memberikan pelatihan tentang Alat Pelindung Diri (APD) dan pemakaian masker yang benar bagi sejumlah relawan, khususnya yang mengoperasikan ambulans atau tim rescue.

Koordinator Isolasi Terpadu Bapelkes Hj Fitri mengatakan, pelatihan ini penting agar setiap orang yang membantu pasien memberikan pelayanan ambulans tetap aman dan tidak tertular.

Pelatihan dilakukan di Posko Relawan Roa Jaga Roa, Komplek Radio Nebula, Jalan Rajawali No 28, Kota Palu, Sulawesi Tengah, Jumat, 20 Agustus 2021.

Dalam pelatihan singkat itu, Fitri mengawali dari tahapan mencuci tangan yang seharusnya dan dipastikan benar-benar bersih. Setelah itu, mempraktekkan pemakaian APD lainnya yaitu sarung tangan lateks, baju astronot (hazmat) serta pengenalan penggunaan tabung oksigen.

Begitu pula untuk cara pemakaian masker yang benar. “Meski kelihatannya mudah, cara memakai masker penutup hidung dan mulut tidak boleh sembarangan, ” katanya.

Fitri menambahkan, cara memakai yang keliru bisa meningkatkan risiko kemungkinan terjadinya masalah, seperti kebocoran atau masuknya bakteri, virus, hingga droplet cairan melalui sisi masker.

Peserta pelatihanantusias dan merespon dengan baik setiap tahapan materi.

Ridwan, salah peserta, juga relawan Roa Jaga Roa menyatakan pentingnya memahami penggunaan APD ketika hendak menjemput pasien, terutama bergejala Covid-19.

Relawan Roa Jaga Roa Andi Kaimuddin mengatakan, pelatihan ini sengaja dilakukan agar para relawan khususnya tim gerak cepat (rescue) tetap aman dalam menjalankan tugasnya.

“Kita sangat berharap dapat menolong warga terkena corona dan teman-teman rescue juga tidak tertular,” ujar Andi Kaimuddin, kepada MAL Online Jumat (20/8).

Reporter: IKRAM
Editor: NANANG