PLN Jamin Tidak Ada Pemadaman Listrik, Pasca Robohnya Tower

oleh -238 Kali Dilihat
Wakil Gubernur Mamun Amir , didampingi Plt. Asisten Perekonomian dan Pembangunan Rudy Dewanto, Plt, Stap Ahli Pengembangan Wilayah dan SDA Dahri,, menerima GM UIW (Unit Induk Wilayah) PLN Sulutenggo  Leo Basuki dan Jajaran PT. PLN Sulutenggo, Selasa (4/9). FOTO: IRMA GM. UIW PLN Sulutenggo Leo Basuki , menyampaikan bahwa kondisi Kelistrikan di Palu dalam Kondisi siaga tetapi PLN terus berusaha untuk tidak terjadi pemadaman.

PALU – General Manager Unit Induk Wilayah (GM UIW) PLN Sulutenggo Leo Basuki memastikan bahwa kondisi kelistrikan di Palu dalam Kondisi siaga, tetapi PLN terus berusaha untuk tidak terjadi pemadaman. Hal itu disampaikannya saat menyambangi Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, Mamun Amir di ruangannya, Selasa (14/9).

GM UIW PLN Sulutenggo  Leo Basuki mengatakan, pihaknya mengupayakan tidak ada pemadaman listrik, meski kondisi saat ini terjadi gangguan disebabkan adanya tower yang roboh akibat banjir. Pihaknya juga tengah melakukan pemulihan dan perbaikan.

Leo Basuki menyampaikan bahwa saat ini peningkatan pembangunan Infrastruktur PLN di Wilayah Sulawesi Tengah, besar. Karena untuk memenuhi permintaan suplay listrik yang sangat besar, dengan tingginya investasi di Sulteng.

“PT. PLN saat ini banyak permintaan Suplay listrik yang besar di Parigi Moutong, Donggala dan Palu untuk KEK ini membuat PLN harus secepatnya untuk melakukan konektifitas jaringan wilayah sulawesi,” ujar Leo Basuki.

Menurutnya, PT. PLN akan melakukan MoU dengan KEK dan perusahaan tambak udang untuk memenuhi kebutuhan listrik. Olehnya diharapkan gubernur dan wakil gubernur hadir dalam acara penandatangan MoU dimaksud.

Lebih jau Leo Basuki menyampaikan, Pembangunan Jaringan Listrik masuk Desa, saat ini terus diupayakan sehingga seluruh desa di Sulawesi Tengah, sudah teraliri listrik.

Sementara itu Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Mamun Amir, menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada PT. PLN atas dukungannya untuk pembangunan jaringan listrik masuk desa.

Wakil Gubernur juga menyampaikan harapan gubernur dan wagub, tentang peningkatan PAD dari pemanfaatan permukaan air untuk pembangunan pembangkit listrik.

Wagub juga menyampaikan harapan pemerintah, tentang adanya peran Perusda untuk terlibat dalam memenuhi gas untuk Pembangkit Listrik PLN. Dia juga meminta Dukungan PLN atas rencana pembangunan pembangkit Listrik Tenaga Arus Laut di Banggai Laut untuk memenuhi kebutuhan listrik di Wilayah Banggai Kepulauan dan Banggai Laut, apalagi dengan adanya rencana investasi pembangunan Industri Semen Putih di Banggai Kepulauan dan Pembangunan Jembatan Penghubung Banggai Kepulauan dan Banggai Laut, juga Pembangunan Bandar Udara di Banggai Laut.

Wakil Gubernur meminta PLN untuk lebih memperhatikan kebutuhan pasokan listrik kepada daerah-daerah yang masih memiliki pasokan listrik yang terbatas.

“Kami berharap PLN juga dapat mempersiapkan cadangan listrik yang besar untuk memenuhi peningkatan permintaan yang besar dengan tingginya rencana Investasi di Sulteng,” imbuh Wagub.

Laporan Irma