Peringati HBI Ke-74 : Layanan Paspor Simpatik Januari 2024

oleh -

PALU- Peringati Hari Bhakti Imigrasi (HBI) Ke-74 dengan menggelar layanan paspor simpatik, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Tengah (Kakanwil Kemenkumham Sulteng), Hermansyah Siregar ajak masyarakat ingin membuat paspor nikmati layanan di akhir pekan selama Januari 2024.

“Masyarakat bisa buat paspor di akhir pekan selama Januari, ini adalah upaya untuk memeriahkan HBI Ke-74 tahun 2024 ini, layanannya pun difasilitasi langsung oleh dua kantor imigrasi di wilayah Sulteng,” jelas Hermansyah.

Layanan paspor simpatik sendiri menghadirkan layanan penerbitan paspor baru, penggantian paspor habis masa berlaku atau halaman penuh, dan pengambilan paspor. Masyarakat pun hanya perlu melengkapi persyaratan berupa kartu tanda penduduk, kartu keluarga dan akta kelahiran.

“Jadi seluruh layanan imigrasi kita upayakan selalu mudah dijangkau masyarakat, cukup membawa tiga persyaratan semua bisa terlayani. Namun, karena kuotanya terbatas, jadi masyarakat mesti daftar secara langsung tanpa mendaftar terlebih dahulu melalui aplikasi M-Paspor,” terangnya.

Jadwal pelaksanaannya sendiri dilaksanakan di dua tempat, untuk wilayah Kota Palu, tanggal 14 Januari berlokasi di Car Free Day area Vatulemo Palu dan 20 Januari ditempatkan di Kantor Imigrasi Palu, Jalan. Kartini dan untuk wilayah Kabupaten Banggai, dilaksanakan pada 13 dan 20 Januari di Kantor Imigrasi Banggai, waktu layanannya dimulai pada pukul 09.00 WITA sampai 12.00 WITA.

“Pekan kemarin kita sudah mulai, dan berlanjut lagi di pekan ini dan besok. Masyarakat silakan datang langsung dari pukul 09.00 WITA pagi,” urainya.

Puncak peringatan HBI Ke-74 tahun 2024 sendiri digelar pada 26 Januari mendatang, berbagai rangkaian kegiatan layanan percepatan paspor hingga kegiatan-kegiatan sosial juga telah direncanakan.

“Kita mau lebih dekat dengan masyarakat, memberikan kinerja berdampak, berdampak seluas-luasnya,” pungkasnya.(**/IKRAM)