Perebutan Kursi Rektor IAIN Palu, 3 Muka Lama, 2 Pendatang Baru

oleh -
Pemilihan Rektor IAIN Palu (Ilustrasi)

PALU – Pemasukan berkas calon Rektor IAIN Palu masa bakti, 2017/2021 sudah ditutup Jumat, (25/8). Panitia pemelihan telah menerima lima berkas calon rektor. Dua diantaranya pendatang baru, yakni Dr Adam MPd, dan DR Nasaruddin. Dan tiga diantaranya, pernah juga mencalonkan sebagai Ketua STAIN Datokarama Palu. Masing-masing, Prof Dr Sagaf Petalongi, Dr Lukman Taher dan Prof Dr Zainal Abidin.

Dr Lukman Taher diketahui sebelumya pernah juga memimpin Universitas Alkhairaat dan menjadi Sekjen PB Alkhairaat.

Panitia seleksi Hamka Senin(28/8) menjelaskan, Lukman masih menjadi bagian dari IAIN Palu dan tidak pernah berpinda instansi.

“Tidak meninggalkan tugas pokonya di IAIN. Jadi calon satu dua dan tiga itu artinya masih pemain lama, yang yang baru tahun ini kan Pak Adam dan Nasarudin” imbuhnya.

Hamka menambahkan, sampai akhir bulan ini, pihaknya memastikan sudah ada calon yang lolos berkas dari hasil seleksi ketat. Nantinya juga aka nada uji kualifikasi bagi para calon. Misalnya kata dia, pada aspek kepemimpinannya dan akan ditelusuri rekam jejak, sehingga akan menghasilkan pimpinan baru dan berkualitas.

“Pedafatar hanya lima, tidak ada yang berminat dari luar, meski kita kirim surat ke semua rektor PTKIN. Mungkin mereka berfikir Palu kan kota kecil.

“Bisa jadi lima calon itu masuk semua, tergantung berkasnya, memenuhi syarat. Begitu juga nanti di senat, bisa-bisa lima lolos semua. Nanti kalau di level pusat, kemungkinan tinggal tiga nama, di pusat yang akan menyeleksisi, maksimal tiga nama ke presiden atau menteri yang tentukan.” Katanya. (NANANG IP)