Penurunan Covid di Sulteng Mendapat Apresiasi dari Presiden

oleh -
Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura, memimpin Rapat Forkopimda Plus Provinsi Sulawesi, bertempat di ruang kerja Gubernur (12/11). Foto: ist

PALU – Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura mengatakan, bahwa penanganan Covid 19 di Provinsi Sulawesi Tengah mendapat Apresiasi dari Presiden RI. Penilaian ini melihat peningkatan kasus Covid saat ini sangat rendah.

“Tetapi Satgas dan bupati/wali kota jangan sampai lalai. Masyarakat harus terus diimbau mematuhi protokol kesehatan, mematuhi 3 M,” kata Gubernur, di ruangannya, Jum’atb(12/11).

Selanjutnya gubernur melihat bahwa saat ini penyebaran vaksin kepada masyarakat pada beberapa kabupaten masih sangat rendah, karena jauh lebih rendah dari target yang ditetapkan pemerintah secara nasional.

Gubernur juga menyampaikan rasa syukur dan terimakasih kepada unsur Forkopimda , DPRD,  TNI  POLRI, Kejaksaan, Kabinda, Pol Airut, atas dukungan dan kalaborasinya sehingga penanganan Covid sangat baik dan mendapat pujian dari Pemerintah Pusat.

Saat ini Pemda dan Forkopimda diharapkan untuk meningkatkan sebaran vaksinasi untuk mencapai target 70 % secara Nasional.

Gubernur juga meminta agar Kanwil Agama mengimbau kepada tokoh agama, ustad, pendeta dan kepada semua pemuka agama untuk menyampaikan himbauan kepada umat agar ikut untuk menerima vaksin.

“Sesuai harapan bapak Presiden RI Joko Widodo agar masyarakat tidak boleh panik dan menimbukkan rasa takut terhadap Covid. Tetapi kedepan masyarakat harus terus bisa hidup berdampingan dengan covid, dengan tetap mematuhi Protkes dalam melaksanakan kegiatannya,” ujar Rusdy menutup pembicaraannya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Provinsi dr Komang mengatakan, bahwa saat ini penetapan PPKM Level 1 adalah Kabupaten Morowali dan untuk Level 2 adalah Kabupaten Morut, Buol, Balut, Tojo UnaUna dan Kota Palu. Selanjutnya Level 3, Kabupaten Banggai, Poso, Donggala, Toli-Toli, Bangkep, Parigi Moutong dan Sigi.

“Untuk diketahui seberan vaksin untuk beberapa Kabupaten masih sangat rendah seperti Kabupaten Parigi Moutong, Sigi, Tojo Una Una dan Kabupaten Bangkep dan sesuai dengan target nasional diakhir November 2021 ini capaian vaksinasi sudah harus 70 persen,” ujar Kadis Kesehatan dr Komang.

Selanjutnya Unsur Forkopimda siap mendukung peningkatan sebaran Vaksin kepada masyarakat. Seluruh Forkopimda juga ditegaskan secara berjenjang, untuk dapat meningkatkan sebaran vaksin kepada masyarakat .

Laporan Irma