Pengumuman Kelulusan MTs Alkhairaat Pusat Jelang Magrib, Siswa Mesti Berpakaian Muslim

oleh -
Kepala Madrasah MTs Alkhairaat Pusat Palu, Hj. Saihun Aljufri memberikan sambutannya pada kegiatan pelulusan siswa kelas IX, di Halaman MTs tersebut, Rabu (15/6). Foto: Najiha/MAL

PALU- MTs Alkhairaat Pusat Palu menggelar pelulusan siswa kelas IX tahun pelajaran 2021/2022, di Halaman MTs tersebut, Rabu (15/6).

Jumlah siswa tamat pada tahun ajaran ini sebanyak 242 orang, terdiri dari 143 putri dan 99 putra.

Adapun rangkaian acara pelulusan ini diawali dzikir bersama, bacaan sholawat sebelum ashar. Setelah sholat ashar, masuk acara inti yaitu penampilan siswa, sambutan dari kepala madrasah dan ditutup dengan pengumuman.

Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum, Mohammad Ma’ruf M. Arif mengatakan, pengumuman kelulusan dilaksanakan sore hari menjelang magrib, untuk mencegah siswa tidak melakukan konvoi di jalanan usai pengumuman, sehingga tidak ada terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Jikalau berpapasan dengan waktu solat, maka lebih terkoodinir dan mereka tidak hura-hura sebab harus solat magrib dulu,” ujar Ma’ruf.

Strategi lainnya yaitu siswa diberi pesan untuk berpakaian memakai busana muslim, perempuan menggunakan abaya, sedangkan laki-laki memakai baju koko dan sarung. Dengan begitu, mempersempit gerakan mereka untuk coret-coretan.

Ma’ruf mengatakan terkait pelulusan, ada penentuan dari hasil rapat. Dari 242 ini, terdapat beberapa siswa yang masih dalam pertimbangan atau lulus bersyarat. Setelah syarat-syarat itu sudah terpenuhi, maka sekolah bisa memberikan kelulusan.

“Pada acara ini kita coba bangun motivasi anak-anak kami, dengan menampilkan mereka yang berprestasi dan diberikan penghargaan. Adapun mereka punya prestasinya, yaitu sepak bola mendapat juara I dan mewakili Kota Palu dan diikutkan event tingkat provinsi yang diadakan Pak Wali, dan taekwondo juara III umum,” sebutnya.

Kepala Sekolah MTs Alkhairaat Pusat Palu, Hj. Saihun Aljufri dalam sambutannya, mengucapkan selamat atas kelulusan siswanya. Dia berpesan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi, sembari jangan melupakan Alkhairaat.

“Tetap ingat pesan Guru Tua,” pesan Syarifah Saihun Aljufri.

Salah satunya dalam syair Guru Tua, yang ia ingatkan, yang artinya “Kelak kamu akan mencapai cita-cita dengan ilmu dan akhlak kalian akan mencapi cita-cita, jika kamu berilmu janganlah sombong”.

Reporter: NAJIHA/Editor: NANANG