Pengembangan Jagung, Kadin Donggala Gandeng Pihak Ketiga

oleh -

DONGGALA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Donggala kembali menegaskan dukungan terhadap petani untuk pengembangan jagung sebanyak-banyaknya sesuai persetujuan bersama antara PT Syngenta dan KADIN (Kamar Dagang dan Industri) Kabupaten Donggala serta pihak perbankan.

“Pemerintah Kabupaten Donggala sangat berterima kasih pada pihak KADIN dan mitranya yang telah membantu dalam usaha pengembangan pertanian. Dengan kemitraan ini secara tidak langsung secara bertahap angka kemiskinan di daerah ini akan berkurang,” kata Sekkab Donggala, Rustam Efendi, belum lama ini.

Menurut Rustam, adanya upaya mitra memajukan pertanian jagung sesuai potensi yang ada, sangat membantu untuk peningkatan kesejahteraan rakyat Kabupaten Donggala.

Ia melihat jagung sebagai komoditi pertanian cukup besar potensinya di Donggala, selain ketersediaan lahan cukup besar, juga sesuai kebiasaan petani.

Sementara itu Wakil Ketua KADIN Donggala, Moh. Dadang Bachmid menjelaskan, adanya perusahaan yang masuk di Kabupaten Donggala, menjadi kesempatan besar bagi petani. Jika sebelumnya para petani jagung melakukan penanaman secara alamiah tidak berdasarkan petunjuk teknis, maka sekarang ada pendampingan.

“Karena itu petani tidak perlu khawatir dalam pemasaran, sebab kadang muncul pertanyaan bagaimana memasarkan bila produksi banyak. Itu tidak perlu dikhawatirkan, sekarang pihak perusahaan siap membeli berapapun banyaknya hasil panen,” jelas Dadang, Ahad (03/04).

Menurut Dadang kelebihan lainnya, melalui KADIN, petani yang memiliki lahan bisa direkomendasi untuk mendapatkan dana KUR yang disediakan perbankan.

Penggunaan dana itu untuk biaya operasional petani, misalnya untuk sewa alat pembersihan lahan atau menyewa tenaga.

“Sedangkan bibit jagung disediakan pihak perusahaan disertai bimbingan teknis penanaman, pemeliharaan sampai panen, bahkan termasuk pemasaran,” tutupnya.

Reporter : Jamrin AB

Editor : Rifay