Pengamat Teroris Optimis Rudi Sufahriadi Tuntaskan Terorisme Poso

oleh -196 Kali Dilihat
Lukman S Tahir

PALU- Inspektur Jenderal Polisi Rudi Sufahriadi diangkat menjadi Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Provinsi Sulawesi Tengah menggantikan Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol) Abdul Rakhman Baso. Rudi Sufahriadi sendiri pernah menjadi Kapolres Poso kurun waktu 2005-2007 dan menjadi Kapolda Sulteng 2016.

Dengan ditempatkannya kembali Rudi Sufahriadi sebagai Kapolda Sulteng,banyak pihak menaruh harapan, di bawah kepemimpinannya, bisa menyelesaikan perburuan enam orang sisa teroris Poso.

“Hadirnya Rudi Sufahriadi menjadi Kapolda Sulteng patut diapresiasi, bahwa ada komitmen luar biasa dari Kapolri untuk menyelesaikan masalah teorisme ada di Poso, ” kata Pengamat dan Peneliti Teroris Sulteng, Dr. Lukman S. Tahir, di Palu, Senin (30/8).

Akademisi Universitas Islam Negeri Datokarama Palu ini mengatakan, Rudi pernah menjadi Kapolres Poso dan Kapolda Sulteng ini tentu lebih mengenal kondisi geografis, Sosial dan Phisikologis masyarakat Poso khususnya dan Sulteng pada umumnya. Sehingga kehadirannya kata Lukman, bisa mempercepat proses penyelesaian dan progresif penanganan terorisme ada di Poso.

“Saya pribadi optimis atas kembali hadir kedua kalinya Rudi Sufahriadi menjadi Kapolda Sulteng, “kata mantan sekjen PB Alkhairaat ini.

Lukman optimis pula, Rudi Sufahriadi menjadi Kapolda Sulteng bisa menuntaskan perburan enam orang sisa DPO teroris Poso.

“Kedepan Rudi bisa menyelesaikan enam orang sisa DPO teroris Poso ini, akselarasi penyelesaian Poso bisa terlihat dan terselesaikan, “ujarnya.

Lukman menambahkan, Selamat datang kepada Rudi, kita menunggu kerja-kerja lebih produktif dan lebih dinamis, terkait persoalan terorisme ada di Poso.

Reporter: Ikram
Editor: Nanang