Pemkot Palu Luncurkan Aplikasi ‘Halo KB’

oleh -

PALU – Pemerintah Kota (Pemkot) Palu melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP2KB) Kota Palu resmi meluncurkan aplikasi ‘Halo KB’ di halaman Kantor Wali Kota Palu, Kamis (3/11).

Peluncuran aplikasi ‘Halo KB’ dirangkaikan dengan apel siaga stunting  tersebut, dihadiri langsung Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI, dr Hasto Wardoyo.

Pada kesempatan itu Kepala BKKBN, Hasto menyatakan sangat mengapresiasi komitmen Pemkot Palu dalam upaya menurunkan Stunting.

“Harapan saya, Kota Palu dapat menjadi contoh bagi daerah lainnya dalam penurunan Stunting karena lebih rendah dari rata-rata nasional yakni sebesar 23 persen. Ini sungguh luar biasa,” ungkapnya.
Ia juga menyambut baik launching aplikasi ‘Halo KB’ sebagai salah satu langkah maju dalam rangka memberikan pelayanan KB di Kota Palu.

“Dengan Halo KB, diharapkan layanan KB di Kota Palu dapat lebih sukses dan lebih dekat dengan pasangan usia subur, karena memang KB betul-betul mencegah Stunting,” katanya.
Sementara itu, Wakil Wali Kota Palu, dr Reny A Lamadjido, menyatakan, launching aplikasi ‘Halo KB’ dilaksanakan karena KB sangat penting untuk disuarakan.

“Semoga melalui aplikasi tersebut masyarakat semakin dimudahkan dalam memperoleh informasi berkaitan dengan KB,” kata Wawali Reny.

Di hadapan Kepala BKKBN Hasto, Wawali Reny juga melaporkan, dalam penanganan stunting, Pemkot Palu telah memiliki program bertajuk ‘Nosiapa Pale’.

“Nosiala Pale diartikan sebagai pekerjaan yang dilakukan secara gotong-royong. Sehingga, stunting bukan hanya urusan tenaga kesehatan, tetapi semua pihak, khususnya OPD juga ikut membantu dalam penanganan stunting,” jelasnya.

Ia menyebut, stunting di Kota Palu pada 2021 berada pada posisi 23 persen yang berarti 1 persen di bawah angka nasional yakni 24 persen.

“Namun demikian, Pemerintah Kota Palu akan berusaha dalam SSGI (Studi Status Gizi Indonesia) Tahun 2022, angka stunting di Kota Palu bisa menurun,” ucapnya.

Turut hadir, Kepala Perwakilan BKKBN Sulteng, Tenny C Soriton, Kepala DP2KB Kota Palu, dr Royke Abraham, para kepala OPD di lingkup Pemkot Palu, para camat dan lurah se-Kota Palu, serta unsur Forkompimda Kota Palu.

Reporter : Hamid
Editor : Yamin