Pemkab Poso Resmi Lepas Rombongan Jemaah Calon Haji

oleh -
Suasana pelepasan rombongan Jemaah calon haji asal Kabupaten Poso, di alun alun Maroso Poso, Sabtu (25/5). (FOTO : media.alkhairaat.id/Ishaq)

POSO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Poso resmi melepas rombongan Jemaah calon haji asal Kabupaten Poso, di alun alun Maroso Poso, Sabtu (25/5).

Pelepasan itu dihadiri sejumlah kepala Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) Kabupaten Poso, unsur forkopimda Kabupaten Poso, pimpinan ormas dan keluarga para jamaah calon haji.

Bupati Poso dr.Verna menyebut, sebanyak 172 jamaah calon haji saat ini yang akan berangkat ke Tanah Suci untuk menunaikan ibadah haji.

“Kami bersyukur dan merasa bahagia karena saat ini bisa berada di tengah-tengah orang pilihan, untuk menunaikan rukun Islam yang ke lima,” ujar Bupati.

Olehnya, dia meminta kepada para jamaah calon haji untuk menjadikan sikap tabah, sabar dan tawakal sebaik-baiknya bekal.

“Karena sikap tersebut sangat diperlukan dalam melakukan perjalan ibadah haji di Tanah Suci, sekaligus bisa mengantarkan para jamaah menjadi haji mabrur,” tukasnya.

Perjalanan ibadah haji tentunya membutuhkan kekuatan fisik dan mental, sehingga para jamaah agar selalu menjaga kesehatannya.

Kakan Kemenag Poso, Dr. Nasruddin L.Midu, M.Ag menambahkan, jamaah calon haji Kabupaten Poso ini tergabung dalam kelompok terbang kloter 10 embarkasi Balikpapan.

“Rombongan jamaah calon haji kita terdiri dari 65 jemaah laki-laki dan 107 jemaah perempuan,” sebutnya.

Sementara kondisi para jemaah, terang Kakan Kemenag Poso, meskipun telah memenuhi syarat istithaah namun hanya 38 jamaah yang benar benar dalam kondisi sehat tanpa obat obatan.

“Selebihnya, 130 jamaah memerlukan pendampingan obat obatan, bahkan 7 jamaah membutuhkan kursi roda, dan semua telah kami laporkan ke PPIH Provinsi Sulawesi Tengah,” terangnya.

Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah yang telah menanggung biaya domestik jamaah haji, mulai pemberangkatan dari Poso sampai Palu menuju Balikpapan.

“Beserta para donatur maupun mitra kami yang telah menanggung biaya konsumsi jamaah selama berada di asrama haji transit Palu,” tandasnya.

Reporter : Ishaq Hakim
Editor : Yamin