Orientasi PPPK Guru Tahun 2024: Fokus dan Serius Mengenal Tugas ASN

oleh -

PALU – Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Provinsi Sulawesi Tengah, Adidjoyo Dauda, membuka secara resmi Orientasi Pegawai Pemerintah Perjanjian Kerja (PPPK) Guru Tahun 2024 secara virtual pada Selasa (20/2).

Dalam sambutannya, Adidjoyo Dauda memberikan ucapan selamat kepada para peserta yang telah lolos sebagai PPPK Guru dan menjadi bagian dari keluarga besar Aparatur Sipil Negara (ASN). Orientasi ini bertujuan memberikan pengenalan terhadap fungsi dan tugas ASN, nilai, dan etika instansi pemerintah.

“Orientasi ini merupakan program pengenalan dan penyediaan informasi pada PPPK yang baru diangkat terhadap fungsi dan tugas ASN, serta pengenalan nilai dan etika pada instansi masing-masing,” ujar Adidjoyo.

Berdasarkan Keputusan Lembaga Administrasi Negara Nomor 289 Tahun 2022, setiap PPPK diwajibkan menjalani masa orientasi. Ini sejalan dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara dan Peraturan Lembaga Administrasi Negara RI Nomor 15 Tahun 2020.

Provinsi Sulawesi Tengah bergerak menuju smart ASN, yang menuntut kemampuan nasionalisme, integritas, wawasan global, keramahan, networking, penguasaan teknologi informasi, bahasa asing, dan kewirausahaan. Adidjoyo Dauda berharap peserta orientasi fokus dan serius mengikuti program ini, memanfaatkan kesempatan belajar dan berbagi pengalaman.

Pejabat Fungsional Analis Sumber Daya Manusia Aparatur Ahli Muda Santi Rimawati, selaku Ketua Panitia, menjelaskan bahwa orientasi ini bertujuan memperkenalkan nilai-nilai, tugas, dan fungsi ASN kepada PPPK. Kegiatan diikuti oleh 237 peserta dari lingkup pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, dengan total durasi 18 hari kerja secara virtual.

Acara ini turut dihadiri oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sulteng, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Tengah, Kepala Sekolah SMA/SMK se-Provinsi Sulawesi Tengah, serta jajaran pejabat dan peserta orientasi PPPK Guru Angkatan I S/D VI Tahun 2024.

Reporter: IRMA
Editor: NANANG