Nama Gedung GBK Diganti, Kini Jadi ‘Andi Raga Pettalolo’

oleh -
Gedung yang sebelumnya bernama Gedung Gelora Bumi Kaktus berubah nama menjadi 'Andi Raga Pettalolo". (FOTO: MAL/Irma)

PALU – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah ( Sulteng) telah mengganti nama gedung Gelora Bumi Kaktus ( GBK) menjadi gedung Andi Raga Pettalolo.

Kabag Biro Administrasi Pimpinan Pemprov Sulteng Erwin menyatakan, perubahan nama gedung GBK tersebut atas perintah gubernur Sulteng Rusdy Mastura.

” Waktu di acara Fun Walk dan Coffe Morning baru baru ini, bapak gubernur memerintahkan Dispora Sulteng untuk perubahan nama gedung GBK itu menjadi nama Andi Raga Pettalolo, tetapi saya tidak tahu kalau hari ini gedung GBK sudah berubah nama Andi Raga Pettalolo. Cepat sekali, karena baru minggu lalu gubernur perintahkan,” ujar Kabag Humas Pemprov Sulteng kepada media ini, Kamis 25/1.

Menurutnya perubahan nama tersebut dilakukan gubernur untuk mengapresiasi tokoh-tokoh olahragawan yang sudah mengharumkan nama daerah Sulawesi Tengah, khususnya di bidang olahraga.

Sementara Kepala Kelurahan Talise Muhammad Ikbal tidak tahu menahu adanya perubahan nama gedung GBK itu. Dia mengatakan, bukan domain pihaknya atas gedung GBK. Itu merupakan aset Pemerintah Provinsi Sulteng.

Tetapi kata Lurah Talise ini paling tidak Dispora Sulteng memberikan pemberitahuan kepada Pemerintah Kota adanya perubahan nama gedung GBK menjadi gedung Andi Raga Pettalolo, karena wilayah gedung tersebut terdapat di Kota Palu.

Siapakah tokoh Andi Raga Pettalolo?

Andi Raga Pettalolo (1918-1979) dikenal sebagai tokoh diplomasi bidang olahraga. Dia tercatat sebagai pengurus Persatuan Sepakbola Indonesia Donggala (Persido) dan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI). Di masa itu, provinsi Sulawesi Tengah belum menjadi provinsi, masih bagian dari Sulawesi Utara.

Reporter: IRMA
Editor: NANANG