Kurma Khalas, ‘Sekhalas’ Jualannya

oleh -
Suhartini Halim penjual kurma di Jalan Kakatua Palu

PALU – Kurma menjadi salah satu makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Selain karena rasanya yang manis, dianjurkan untuk memakan buah kurma dalam jumlah ganjil, sebanyak 1,3 atau 5 buah.

Meski ukurannya kecil, buah kurma ini sangat baik untuk memulihkan tenaga setelah berpuasa.

Kurma sendiri ada beragam jenis, nama serta harga diantaranya Kurma Ajwa, Kurma Maryam, dan yang paling irit kantong Kurma Khalas.

Kurma khalas banyak didapatkan di pedangang-pedagang di bulan Ramadhan ini, terutama pada pedagang takjil. Sama dengan namanya, Kurma Khalas sering terjual khalas (bahasa Arab dari habis/selesai, red)

Suhartini Halim penjual kurma di Jalan Kakatua Palu, mengatakan, baru tiga hari dirinya berjualan kurma. Kurmanya yang dijualnya sangat laris. Kurma jenis khalas ini dijualnya dengan harga 45 ribu per kilogram dan setengah kilogramnya hanya seharga 25 ribu.

“Alhamdulillah baru hari ke tiga di bulan suci Ramadhan jualan Kurmanya laris. Setiap hari pasti banyak yang membelinya karena kurma yang saya jualnya terbilang murah dan timbangannya full,” ujar Suhartini Halim kepada media alkhairaat online, Selasa (5/4).

Kurma khalas memiliki ciri kulit yang kering, tekstur yang lembut dan lengket, dan warna coklat kemerah-merahan.

Dalam pantauan di lapangan setiap pasar Ramadhan banyak orang yang berjualan kurma, harganya pun bervariasi.

Reporter: Irma