Kunjungi Korban Banjir Rogo, Cudy: Pemda Sudah Salurkan 15 Ton Beras

oleh -847 Kali Dilihat

PALU- Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Rusdy Mastura, didampingi Bupati Sigi Moh. Irwan Lapata mengunjungi masyarakat Desa Rogo, Kecamatan Dolo Selatan Kab Sigi yang terdampak bencana banjir dan tanah longsor yang terjadi pada 29 Agustus 2021.

Dalam kunjungannya pria yang akrab disapa Cudy ini, mengatakan, melalui Dinas Sosial memberikan bantuan kepada korban banjir bandang tersebut sebesar 15 ton beras.

Rusdy Mastura mengatakan, bantuan beras itu sudah sejak beberapa hari lalu disalurkan lewat Pemerintah Kabupaten Sigi. Gubernur berharap bantuan tersebut kiranya bermanfaat bagi warga desa Rogo yang terkena banjir bandang.

“Setelah mengetahui ada bencana banjir dan tanah longsor pada tanggal 29 Agustus 2021 pekan lalu saya langsung mengintruksikan OPD terkait untuk memberikan  bantuan kepada masyarakat korban banjir dan tanah longsor itu,” ujar Gubernur saat kunjungan di lokasi banjir Kamis (2/9) siang tadi.

Menurut gubernur, pada waktu itu dirinya sudah meminta agar OPD teknis lebih sensitif, untuk melihat dan memperhatikan kondisi cuaca yang ekstrim dan hujan deras. Setelah terjadi bencana Dinsos langsung memberikan bantuan beras 15 ton lewat Pemkab Sigi. Sementara BPBD memberikan dukungan peralatan untuk membersikan puing-puing tanah longsor.

Sementara dalam kunjungannya ini, gubernur hadir secara langsung  dan membawa bantuan pribadi, peralatan masak untuk dapur umum dan tabung gas. Selanjutnya gubernur menyerahkan bantuan berupa makanan siap saji, makanan anak, sembako 200 paket, masker medis 500 pcs, masker kain 1000 pcs, dan rapid antigen 100 pcs.

Pada Kesempatan ini juga gubernur meminta Kepada Satker PJSA dan JICA, kiranya dapat membantu beberapa desa rawan longsor dengan membangun sabo dam. Seperti yang telah dibangun  JICA di Desa Bangga, Desa Poi. Olehnya kiranya, sabo dam juga dapat dibangun di Desa Rogo dan Beka.

Di akhir kunjungannya, gubernur dan rombongan meninjau pembangunan sabo dam yang di Bangun JICA di Desa Poi.

Dalam kesempatan itu, gubernur juga meminta kepada Bupati Sigi agar mendampinginya, menghadap Menteri PUPR, Kamis pekan depan untuk menyampaikan permohonan pembangunan Pemulihan Bencana Sigi dan Bencana Sulawesi Tengah, dan juga Pembangunan Infrastruktur Prioritas yang sudah direncanakan Pemprov Sulteng.

Reporter: IRMA
Editor: NANANG