Komisariat HMI IAIN Palu akan Gelar Webinar Penguatan UMKM di Masa Pandemi

oleh -
Ketua Komisariat HMI, IAIN Palu, Khairul Akbar

PALU – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Palu, Komisariat Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu akan menggelar web seminar atau webinar terkait penguatan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah, Senin (30/11).

Kegiatan yang mengangkat tema “Strategi Penguatan UMKM di Masa Pandemi” itu akan menampilkan tiga pemateri, yaitu Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Palu, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Palu, Hilal Malarangan dan salah satu pelaku UMKM di Kota Palu.

Pesertanya sendiri direncanakan sebanyak 50 orang terdiri dari mahasiswa, para pelaku UMKM dan para alumni IAIN Palu sendiri.

Ketua Komisariat HMI, IAIN Palu, Khairul Akbar, Ahad (29/11), mengatakan, pihaknya sengaja menggelar kegiatan ini dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas UMKM dalam mengelola usahanya, khususnya di masa pandemi Covid-19 saat ini.

“Di mana sekarang kita tahu, banyak pelaku UMKM yang terdampak akibat pandemi. Namun di sisi lain, banyak pula bantuan dari pemerintah yang ditujukan untuk membantu memulihkan perekonomian para pelaku UMKM ini,” katanya.

Untuk itulah, kata dia, webinar tersebut akan lebih fokus pada strategi, bagaimana para pelaku UMKM yang ada, bisa memaksimalkan bantuan-bantuan dari pemerintah untuk memulihkan kembali usahanya yang sempat lesu akibat pandemi.

“Jadi lebih ke strategi. Selain bisa memulihkan usahanya, para pelaku UMKM juga lebih meningkatkan kreativitasnya lagi dalam mengelola usaha,” tutupnya. (RIFAY)