Ketua FKUB Sulteng: Kemerdekaan Beragama Kebebasan Bertanggung Jawab

oleh -
Ustadz Zainal Abidin

PALU- Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Sulawesi Tengah menyebutkan 76 tahun kemerdekaan Republik Indonesia harus dimaknai memberikan kebebasan bagi umat beragama untuk melaksanakan, mengamalkan ajaran agamanya sesuai keyakinannya dan bertanggung jawab.

“Artinya merdeka melakukan ajaran agama kita, tanpa harus menciderai, menggangu kehidupan keagamaan, orang lain,” kata Ketua FKUB Sulteng, Prof Zainal Abidin, di Palu, Rabu (11/8).

Zainal mengatakan, kita boleh melaksanakan ajaran agama, tapi jangan sampai, pelaksanaan ajaran agama itu menggangu kebanyakan atau ketertiban orang lain.

Dan jangan pula kata Zainal, merdeka dalam kebebasan beragama itu, dipahami suka-suka. Kemerdekaan dipahami sebagai kebebasan beragama dengan menghargai dan menghormati hak serta kewajiban antar Pemeluk Agama.

“Kebebasan yang bertanggung jawab, artinya harus menghargai dan menghormati orang berbeda agama atau menghormati privasi orang dalam beragama,” katanya.

Sehingga kata Zainal, kita berharap dengan kemerdekaan kebebasan menjalankan ajaran agama , akan melahirkan toleransi.

“Negeri ini milik kita semua dan Negeri ini damai , tertib karena kita semua,” katanya.

Olehnya dalam mengisi kemerdekaan adalah kebebasan bertanggung jawab, kebebasan menghargai hak-hak orang lain, sekaligus menghargai dan melaksanakan kewajiban-kewajiban kita. (Ikram)